Perencanaan Pembangunan RSUD Kubu Segera Dilelang

Berli: Setelah Itu Lelang Pembangunan Fisik

79
dr Berli Hamdani

Kubu Raya-RK. Tak lama lagi masyarakat Kubu Raya akan memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sendiri. Karena dalam waktu dekat, Pemerintah Kubu Raya segera melakukan proses lelang pembangunan RSUD Kubu Raya tipe D yang terletak di Kecamatan Rasau Jaya.

“Dalam waktu dekat ini dilakukan lelang. Tapi, saat ini masih dalam perencanaan persiapan lelang. Mudah-mudahan proses lelangnya bisa segera,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, dr Berli Hamdani di kantornya, Kamis (11/1).

Setelah proses lelang perencanaan dilaksanakan maka tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang pembangunan fisik.

“Jadi, kita lelang perencanaan dulu. Setelah perencanaan selesai baru dilaksanakan lelang fisiknya. Kalau untuk lelang sekarang kita tinggal menunggu dari ULP. Kalau ULP sudah siap, ya tinggal dilaksanakan,” tegasnya.

Sekadar diketahui bahwa pembangunan RSUD Kubu Raya tipe D pratama bukan merupakan proyek multiyears. Bahkan, ditargetkan akhir tahun ini rumah sakit tersebut akan selesai dibangun, sehingga bisa segera beroperasi melayani masyarakat Kubu Raya.

“Untuk pagu anggaran pembangunannya sebesar Rp38 miliar yang bersumber dari APBN. Anggaran itu sudah termasuk pembiayaan pembangunan fisik serta pengadaan alat kesehatan,” ulasnya.

Bahkan, Berli memprediksi bahwa proses pembangunan rumah sakit akan dimulai dalam dua bulan ke depan. Sepanjang tidak ada kendala dalam proses lelang perencanaan dan lelang fisik.

“Kalau lelang perencanaan bisa awal dilakukan, kemungkinan Maret sudah mulai bisa lelang fisik. Setelah itu baru bisa dilakukan pembangunan. Perhitungannya April sudah mulai pembangunan,” tuturnya.

Dalam pembangunan rumah sakit tersebut tidak hanya Dinkes saja yang dilibatkan. Melainkan beberapa dinas terkait juga akan dilibatkan untuk membangun sarana penunjang rumah sakit.

“Jadi, pembangunan rumah sakit tipe D Pratama Kubu Raya juga akan mendapatkan dukungan penuh dari SKPD lainnya. Termasuk dari PU terkait pembangunan penerangan dan jalan. Kemudian, Dinas Perhubungan akan membangun stegher,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pembangunan stegher rumah sakit Kubu Raya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan Kubu Raya, Damhuri mengatakan, anggarannya mencapai Rp500 juta.

“Saat ini kita tinggal menunggu ekspos dari Dinas Kesehatan terkait lelang perencanaan pembangunan rumah sakit. Kalau itu sudah baru bisa kita lelang,” terangnya.

Bahkan, kegiatan pembangunan fisik stegher tersebut akan dilaksanakan secepatnya. “Sekarang ini untuk lelangnya kita sudah siap. Hanya saja kita tinggal menunggu dari Dinas Kesehatan. Karena leading sektor pembangunan rumah sakit ada di mereka,” ungkapnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe