Bukan sebaliknya, memberikan pelayanan buruk hanya akan menyebabkan pasien semakin terpuruk. Apalagi sampai menakut-nakuti pasien, walaupun jika faktanya yang bersangkutan memang menderita penyakit parah. Tentu, itu akan semakin membuat pasien sulit untuk sembuh.
“Sebagai perawat yang profesional, harus bisa membuat pasien kuat dan semangat menghadapi penyakit yang dideritanya. Jangan takut-takuti pasien sehingga justru akan membuat penyakitnya semakin parah,” ujarnya.
Biar bagaimana pun, juru medis harus tetap memberikan semangat dan harapan kepada pasien untuk hidup dan sembuh. Andai kata memang ajalnya telah tiba, setidak-tidaknya para petugas medis sudah menjalankan tugasnya secara profesional.
“Layani secara profesional, layani dengan hati. Itu yang saya tekankan kepada jajaran perawat,” ucapnya.
Dia tidak menampik, jika tidak semua pasien dapat mengerti tugas dan fungsi para perawat. Tambah lagi kondisinya yang memang butuh perawatan, sehingga keluhan kerap disampaikan. Namun begitu, perawat harus bisa melayani pasien dengan wajah senyum.