Pensiunan PNS Diharapkan Jadi Teladan Masyarakat

SAMBUTAN. Sekda Landak, Vinsensius saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan pembekalan menjelang purna tugas PNS di Aula Kantor Bupati Landak, Selasa (11/6). (Antonius-RK)

eQuator.co.id – NGABANG-RK. Pemerintah Kabupaten Landak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memberikan pembekalan menjelang purna tugas bagi PNS di lingkungan Pemkab. Pembekalan ini dilaksanakan di Aula Besar Kantor Bupati Landak dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Vinsensius, Selasa (11/6).

“Melalui pembekalan ini diharapkan membuka wawasan dan pemikiran peserta untuk memilih alternatif aktivitas dan kegiatan bahkan peluang usaha baik skala kecil maupun besar untuk mempersiapkan diri dalam mengisi kegiatan masa pensiun nanti,” ucap Vinsen.

Dia berharap, para PNS yang akan memasuki masa pensiun nantinya bisa tetap produktif dan terus berkarya. Sehingga menjadi teladan di tengah masyarakat.

“Saya ingin para PNS yang akan pensiun nantinya tetap produktif dan memiliki kemapuan finasial yang memadai, sehingga bisa menjadi teladan bagi masyarakat terutama membangun jiwa kewirausahaan dan kemandirian,” harap Vinsen.

Dia juga mengimbau kepada para peserta yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan menerima saran maupun masukan sebagai bekal untuk memasuki masa pensiun nanti.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Landak, Marsianus menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini selain untuk memberikan wawasan kepada PNS yang akan memasuki masa pensiun, sekaligus memberikan bekal mengenai cara merintis usaha sesuai dengan minat dan bakat saat sudah pensiun nanti.

“Memberikan wawasan kepada para PNS yang akan pensiun, sehingga PNS tersebut siap menghadapi masa pensiun dan bisa mempersiapkan kegiatan disaat purna tugas nanti,” ujar Marsianus.

Kegiatan tersebut juga membuka wawasan cara merintis usaha sesuai minat dan bakat peserta. Sehingga nantinya pada masa purna tugas para pensiunan bisa memiliki usaha.

” Jadi kegiatan ini juga merupakan hal yang sangat penting, atau perlu diperhatikan,” kata Marsianus.

Kegiatan pembekalan dihadiri sebanyak 180 orang PNS yang akan pensiun terdiri dari 154 orang tenaga fungsional (guru, perawat, penyuluh pertanian dan penyuluh KB). Kemudian 26 orang merupakan tenaga struktural dengan golongan ruang I/B sampai dengan IV/a.

Pembekalan menghadirkan narasumber dari PT Taspen, pihak Bank Kalbar Cabang Ngabang, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak.

 

Laporan : Antonius

Editor : Andriadi Perdana Putra

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!