Penasaran Unta Berkaki Dua

29
HOAX

eQuator.co.id – SEBUAH video yang berisi konten menghebohkan disebar pemilik channel YouTube ’’Matahari Terbit’’. Dalam video itu, terdapat foto unta yang hanya memiliki dua kaki. Unta tersebut bisa berdiri tegak. Dikatakan dalam video itu, si unta ternyata cacat sejak lahir.

’’Unta di gurun pasir yang dipelihara. Menurut para ahli, unta ini mengalami cacat dari lahir karena ada beberapa faktor yang menimbulkan unta ini hanya memiliki dua kaki. Menurut seseorang yang memelihara, unta ini memang lahir berkaki 2, namun ia tak kehilangan keseimbangannya, layaknya untuk yang normal. Unta ini bisa berlari kencang kurang lebih 80 km per jam, sungguh dahsyat’’. Begitu narasi yang tertulis dalam video.

Ternyata sungguh dahsyat kebohongan dalam video tersebut. Sebab, foto unta dalam video itu merupakan hasil olah digital. Foto tersebut didapat dari sejumlah situs luar negeri yang juga menyebarkan informasi salah. Foto aslinya bisa didapat dari situs pencarian AOL. Anda bisa membuktikannya dengan mengakses aol.com. Lalu, ketik Pakistan Camel. Setelah itu, pilih tab ’’image’’.

Lucunya, gambar tersebut hingga kini masih menyebar. Bahkan, akun Instagram @wildviewing ikut terpeleset menyebarkan foto palsu itu. Akun tersebut mengklaim menampilkan foto-foto satwa di alam liar yang sangat epic. Posting-an unta berkaki dua itu telah di-like 77 ribu lebih pengguna Instagram.

Pada 21 Maret lalu, akun itu mem-posting foto unta berkaki dua dengan caption yang lebih meyakinkan. ’’Unta Arab Saudi ini telah kehilangan separo tubuhnya terkena ranjau darat. Setelah kehilangan bagian tubuhnya, ahli bedah bekerja mengatur organ-organ dalamnya agar bisa tetap berfungsi,’’ tulis caption @wildviewing. (Jawa Pos/JPG)