Penangkaran Ikan Bawal Bintang Melalui Keramba

Kerambah Ikan. Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Satun P. Simorangkir meninjau lokasi keramba ikan dan pasar ikan di Pelabuhan TPI Sukadana. Kamiriluddin/RK.

eQuator.co.id – Sukadana-RK. Bupati Kayong Utara, Drs Citra Duani mengharapkan, keberadaan percontohan penangkaran ikan bawal bintang di keramba pelabuhan TPI Sukadana dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

“Secara teknis kita akan segera berkoordinasi dengan kepala OPD Dinas Kelautan dan Perikanana (DKP) terkait pengembangan. Untuk memanggil masyarakat yang ingin berusaha melakukan pengembangbiakan ikan bawal bintang di air laut,” ujar Citra Duani, baru-baru ini.

Kendati demikian, Bupati menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dicek kembali. Dengan harapan masyarakat dapat mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan untuk penangkaran ikan tersebut.

“Karena untuk produksi ikan bawal ini selama empat setengah bulan sudah panen. Nah, kalau dapat satu kilogram satu ekor, kalau enam ribu berarti enam ton. Selanjutnya enam ton dikali 35 ribu  berarti sekitar Rp400 juta lebih. Apalagi kalau 10 ton. Kalau sepuluh ribu kita ambil, tingkat resiko 10-20 persen, maka akan ada delapan ribu ikan dikali satu kilogram berarti ada 80 ton. Kalau ini berhasil lima ratus juta lebih selama empat bulan saja,” ulasnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin membudidayakan ikan bawal bintang bisa saja dengan sistem bertingkat-tingkat. “Jadi ada yang panen, ada yang baru nebar bibit ikan, sehingga tidak putus. Nanti dapat dijual di pasar ikan yang ada di sekitar pelabuhan DKP,” ungkapnya.

Sedangkan mengenai jarak yang konon cukup jauh, Citra Duani berpendapat hal tersebut bukan merupakan kendala. Caranya, bisa saja dengan bersepeda bersama-sama dengan masyarakat agar dapat mengetahui di sekitar pelabuhan tersebut terdapat pasar ikan.

“Pelan-pelan kita ajak ke sana. Dari setiap minggu nanti lama-lama bisa setiap hari. Logikanya, bersepeda saja sampai apalagi dengan menggunakan motor. Tetapi, itu memang sudah harus kita mulai dari sekarang agar bagaimana caranya pasar itu bisa menjadi ramai,” terangnya.

Sekadar diketahui bahwa tambak ikan tersebut terdapat 15 ribu bibit ikan bawal bintang di keramba pelabuhan TPI Sukadana, yang ditabur oleh Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, H Syarif Yusniarsyah beberapa waktu lalu.

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!