Pemkot Pontianak dan Sporta Indonesia Siap Gelar Dragon Boat

CEK LOKASI. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengecek lokasi event International Dragon Boat di Taman Alun-Alun Kapuas, akhir pekan lalu. Pemkot for RK

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Event pesta olahraga dayung dan lari bertajuk International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run segera dihelat. Di Kota Pontianak. Rencananya pada 20-22 September 2019 mendatang.

Event besutan Pemerintah Kota Pontianak bekerja sama dengan Sporta Indonesia ini direncanakan sekaligus merayakan event tahunan kulminasi matahari. Atau hari tanpa bayangan.

Ongky Lesmana, Ketua Umum Sporta Indonesia, menyatakan tujuan kegiatan untuk menjadikan Pontianak sebagai tujuan pariwisata. Dan olahraga.

“Event yang akan dilaksanakan dalam momen titik kulminasi matahari di tanggal 20-22 September ini diharapkan menjadi tujuan sport and tourism untuk potensi yang besar bagi masyarakat Kota Pontianak,” ungkapnya di Pontianak, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, demi kelancaran event ini, pihaknya juga akan bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam menjaga kondusifitas dan keamanan. Lebih jauh, dukungan dari berbagai pihak juga sangat penting dalam terselenggaranya event ini nantinya.

“Kegiatan ini juga turut didukung penuh oleh  Disporapar Kota Pontianak, KONI Kota Pontianak, PODSI Kota Pontianak dan PODSI Kalbar. Olahraga dayung ini menjadi potensi yang bagus agar mendatangkan wisatawan ke Kota Pontianak,” tambahnya.

Dukungan penuh tentu saja hadir dari Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Ia menyatakan bahwa Sungai Kapuas sangat cocok digunakan sebagai media penarik wisatawan.

“Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang ini potensi yang kita manfaatkan untuk kejuaraan International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run yang akan dilaksanakan pada saat kulminasi matahari,” terangnya.

Imbuh dia, “Nantinya kita akan mengudang negara-negara sahabat, selain atlet-atlet Indonesia dan Kalimantan Barat, sehingga nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang ke Pontianak”.

Edi berharap event internasional ini menjadi event rutin tahunan. “Saya yakin akan memberikan manfaat yang sangat positif bagi seluruh masyarakat olahraga dayung dan seluruh masyarakat Kota Pontianak,” pungkasnya.

 

Laporan: Rizka Nanda

Editor: Mohamad iQbaL

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!