Pemkab Santuni 523 Anak Yatim Piatu Kristen

SANTUNAN. AM Nasir menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu Kristen di Paroki HSMPTB Putussibau, Sabtu (22/12). Andreas-RK

eQuator.co.id – PUTUSSIBAU-RK. Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memberikan santunan kepada anak yatim piatu Kristen di Paroki Hati Santa Maria Perawan Tak Bernoda (HSMPTB) Putussibau, Sabtu (22/12) sore. Santunan tersebut sebagai wujud kepedulian Pemkab Kapuas Hulu terhadap umat Nasrani yang akan merayakan Natal.

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, penyerahan santunan itu yang pertama kalinya itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap anak yatim piatu dan kurang mampu. Kedepan dia meminta jumlah anak yatim piatu di Kapuas Hulu perlu didata secara lengkap.

“Di Kapuas Hulu cukup banyak anak yatim piatu yang perlu menjadi perhatian kita bersama. Maka perlu dilakukan pendataan hingga tingkat kecamatan. Ini baru beberapa kecamatan,” ucapnya saat menyerahkan langsung santunan didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu itu.

Nasir menegaskan, Pemkab Kapuas Hulu berupaya agar keberadaan anak yatim piatu bisa terus diperhatikan. Tak hanya itu, pihak lain yang mampu juga mesti demikian dalam kepedulian terhadap anak yatim piatu.

“Kita berharap selain pemerintah ada dermawan-dermawan yang membantu, ini kegiatan sosial yang sudah diatur pemerintah dan perbuatan baik ini tentu sudah diatur oleh agama masing – masing,” tuturnya.

Bupati Kapuas Hulu dua periode ini mencontohkan, pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) yang berkaitan dengan zakat profesi bagi PNS yang muslim. “Kita berlakukan ini bagi yang muslim, sifat tidak mengikat, jangan melihat jumlahnya. Nah, melalui kegiatan ini mari kita evaluasi selama setahun sudah berapa besar perhatian kita pada anak yatim piatu. Dengan bersama kita bisa meringankan beban anak yatim piatu ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama Pemkab Kapuas Hulu Nasir mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani dan menyambut tahun baru 2019. “Mudah-mudahan natal tahun ini lebih meriah, lebih baik lagi dan beda dengan tahun sebelumnya,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia Hilarius Heri mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban anak yatim piatu Kristen di Kapuas Hulu. “Selain itu menumbuhkan rasa kebersamaan antar umat beragama, menumbuhkan kesadaran kepekaan terhadap kehidupan sosial,” katanya.

Adapun  jumlah anak yatim piatu yang menerima santunan lebih dari 523 orang. Heri juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Kapuas Hulu yang telah mendukung dan membantu anak yatim piatu Kristen di Kapuas Hulu tahun ini. (dRe)