Pelaksanaan Bedah Rumah Tunggu SK Penetapan

Kuota Kubu Raya Sebanyak 357 Rumah

71
Penyerahan Bantuan. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kementerian Perumahan kepada Pemerintah Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, beberapa waktu lalu. Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Pemerintah Kubu Raya akan terus melanjutkan program bedah rumah yang digelontorkan oleh pemerintah pusat. Program bedah rumah diberikan terhadap masyarakat kurang mampu yang tersebar di lima desa di tiga kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

“Sekitar 6 ribu lebih rumah yang tak layak huni sudah diajukan ke pemerintah pusat,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali, Kamis (1/2).

H Rusman Ali menjelaskan, program bedah rumah merupakan program pemerintah pusat, sehingga daerah Kubu Raya menjadi prioritas.

“Kubu Raya tetap dapat program tersebut. Tapi, kami belum mengetahui jumlah bedah rumah yang dilaksanakan di Kubu Raya. Keinginan kami agar semua diakomudir,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan pembangunan pemerintah pusat melibatkan dinas terkait. Yakni, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kubu Raya serta pihak desa untuk melakukan verifikasi, sehingga diputuskan rumah yang tak layak huni tersebut dibantu. “Semua dilihat, kondisi rumahnya, ekonominya dan lain sebagainya. Itu yang menjadi acuan,” ungkapnya.

Melalui program bedah rumah, Bupati berharap agar bantuan bedah rumah dirawat dengan baik agar rumah bisa bertahan lama. “Nanti juga disurvey kembali setelah rumah tersebut dibangun. Sebelumnya rumah yang akan mendapatkan program tersebut sudah disurvey dan tinggal pelaksanaannya,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kubu Raya, Nendar Soeheri mengatakan, dari 6 ribu rumah yang diajukan sekitar 357 rumah yang lolos dilakukan verivikasi. Karena sesuai kuota yang telah diberikan pemerintah pusat. “Kubu Raya hanya dapat jatah 357 rumah,” ungkap Nendar Soeheri.

Sedangkan untuk melaksanakan pekerjaan bedah rumah tersebut, Nendar menuturkan, pihaknya masih menunggu SK dari kementerian. “Semuanya sudah selesai verikasi. Tinggal turunnya SK penetapan pelaksanaan. Kami harap secepatnya keluar SK-nya supaya bedah rumah cepat dilaksanakan,” harapnya.

Sekadar diketahui daerah di Kubu Raya yang mendapatkan program bedah rumah sebanyak lima desa di tiga kecamatan. Yakni, Desa Sungai Rengas, Desa Kalimas, Desa Korek, Desa Arang Limbung dan Desa Kapur. “Mudah-mudahan program ini tidak ada masalah dan cepat terlaksana. Program yang jelas membantu warga kurang mampu,” tuturnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe