eQuator.co.id – SEKADAU-RK. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sirin Meragun Kabupaten Sekadau bertekad melakukan inovasi kinerja. Salah satunya dengan memanfaatkan sistem digital.
“Target kita, nanti semua yang ada di PDAM ini dilakukan dengan sistem digital. Tidak manual lagi,” ujar Yok Kelak, Direktur PDAM Sirin Meragun kepada Rakyat Kalbar usai membuka Pelatihan Pemetaan Pelanggan dan Jaringan Perpipaan Online Menggunakan Program Quantum GIS di kantor PDAM Sirin Meragun, Kamis (20/6).
Menurut Yok, sesuai dengan tujuan pelatihan, maka yang menjadi sasaran digitalisasi itu adalah hal yang berkaitan dengan pelanggan serta jaringan pipa PDAM Sekadau. “Jadi keduanya akan bisa diakses secara digital,” ulas Yok.
Nantinya, lanjut Yok, data pelanggan yang menyangkut konsumsi air, alamat maupun data lainnya bisa dilihat secara digital. Demikian juga dengan jaringan pipa terpasang milik PDAM, mulai dari pipa induk hingga pipa distribusi bisa dilihat secara digital. “Tinggal klik di data kita, maka bisa terbaca langsung posisi jaringannya dimana,” ucap Yok.
Alumnus Fakultas Tekhnik Untan itu mengatakan, dalam pelatihan tersebut mereka bekerja sama dengan pihak Persatuan PAM Seluruh Indonesia (Perpamsi) Kalbar. Pihak Perpamsi itu lah yang mengirimkan tenaga pelatih.
Pelatihan itu sendiri berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis (20/6). “Peserta pelatihan seluruh pegawai kita. Cuma untuk pegawai bagian administrasi di unit, tidak kita libatkan agar pelayanan di unit bisa tetap jalan,” tutur Yok.
Ajek, salah seorang pelanggan PDAM Sirin Meragun Sekadau menyambut positif pelatihan tersebut. Ia pun berharap, melalui pelatihan itu, pihak PDAM bisa meningkatkan pelayanannya. “Yang paling penting adalah masalah ganggauan jaringan. Jangan sampai kedepannya sering terjadi gangguan,” harapnya. (bdu)