Patung Soekarno Diresmikan

414

eQuator – Dikawal ketat kepolisian, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, tiba di lokasi peresmian patung Ir. Soekarno, di Desa Maumbi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Monumen dengan tinggi sekitar 5 meter itu terletak di simpang tiga Jalan Ir. Soekarno dengan jalan Desa Maumbi menuju Desa Paniki Mapanget, Minahasa Utara.

Mega tiba sekitar pukul 14.00 WITA. Rombongan Mega, antara lain berisi calon Gubernur Sulut, Olly Dondokambey; Kapolda Sulut, Brigjen Wilmar Marpaung, para pimpinan TNI serta Bupati Minahasa Utara (Minut), Sompie Singal.

Mega tidak memberikan pidato dalam seremoni peresmian yang berlangsung hanya kurang lebih 10 menit itu. Mega hanya membubuhkan tanda tangan di atas prasasti yang disiapkan. Selain menandatangani prasasti Monumen Ir. Soekarno, ia juga menandatangani monumen Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro).
Yang memberikan pidato dalam peresmian monumen itu hanya Bupati Minut, Sompie Singal. Bupati menegaskan, kabupatennya selalu berlandas pada filosofi Bung Karno dalam melaksanakan pembangunan, yaitu Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah (Jasmerah).
“Jasmerah menginspirasi pemerintah bersama rakyat dalam memajukan daerah ini,” ucap Bupati yang sedang mencalonkan diri kembali dalam Pilkada 9 Desember mendatang.
Dijelaskannya, Jalan Ir. Soekarno di mana monumen itu berdiri, yang tak lama lalu diresmikan, memiliki 9 kilometer dan telah menjadi urat nadi pengembangan ekonomi kota Manado, Kabupaten Minut dan Bitung.
“Jalan ini akan terkoneksi dengan Ring Road 2 yang pembangunannya tinggal 1,4 kilometer lagi,” paparnya.
Bupati Sompie menegaskan, bantuan program dari PDI Perjuangan dan Olly Dondokambey selaku anggota DPR RI selama ini sangat membantu pembangunan di wilayahnya. Perlu diketahui bahwa Sompie juga politisi dari PDIP.
“Bantuan itu semakin memperkokoh terwujudnya Jalan Ir. Soekarno,” tegasnya.
Di ujung pidatonya, sang bupati sempat menyelipkan pantun yang intinya berisi keyakinan bahwa semua calon PDIP akan memenangi Pilkada di seluruh Sulut. (rmol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here