Optimis Gubernur Realisasikan Kapuas Raya

14
Ir H Prabasa Anantatur, MH
Ir H Prabasa Anantatur, MH

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Pembentukan Kapuas Raya menjadi provinsi baru diharapkan mampu terealisasi dibawah kepemimpinan Gubernur Kalbar, H Sutarmidji dan Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan. Apalagi hal itu merupakan janji politik serta menjadi program prioritas saat kampanye Pilkada Gubernur 2018.
“Saya rasa tak perlu khawatir. Karena rencana pemekaran tersebut sudah menjadi janji Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru,” ujar anggota DPRD Provinsi Kalbar, Ir H Prabasa Anantatur, MH, Kamis (18/10).
Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Sambas ini menjelaskan, mewujudkan Provinsi Kapuas Raya tidaklah mudah. Apalagi banyak ketentuan dan syarat yang harus terpenuhi. Namun dirinya optimis semua itu akan terwujud semasa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar lima tahun ke depan.

“Hanya tinggal proses waktunya saja yang masih belum bisa ditentukan. Semua harus menunggu proses tersebut,” tegasnya.
Sementara itu, sebelumnya Perhimpunan Pemuda (Permuda) Kapuas Raya mengingatkan kembali janji Sutarmidji-Ria Norsan selama berkampanye beberapa waktu lalu. Dimana salah satu program prioritas Midji-Norsan setelah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar adalah merealisasikan pemekaran Provinsi Kapuas Raya.
“Kami akan kawal janji Pak Midji soal pemekaran itu. Karena itu program prioritas beliau. Bahkan beliau sempat mengatakan bahwa untuk memekarkan Kapuas Raya itu tidak sulit. Jadi, janji itu yang kami nantikan realisasinya,” ucap Koordinator Presidium Perhimpunan Pemuda Kapuas Raya, Giat Anshorrahman, belum lama ini.
Giat berpendapat bahwa sudah menjadi keharusan pemerintah untuk mendukung pemekaran Kapuas Raya. Apalagi selama ini masyarakat dikawasan timur Kalbar sudah lama mengidamkan pembentukan Provinsi Kapuas Raya.
Menurutnya, Kapuas Raya bisa saja terealisasi asalkan semua pihak yang ada tidak egois. Untuk kepentingan rakyat semua perlu meredam egoisme masing-masing pihak.
“Kami nilai Pilkada kemarin tidak ada calon yang menolak Kapuas Raya. Nah, itu bisa dikolaborasikan gagasan-gagasannya dengan lawan pada saat Pilkada lalu atau Gubernur periode lalu,” harapnya.

Reporter: Gusnadi

Redaktur: Andry Soe