Olahraga Sambil Menyalurkan Hobi dengan Bersepeda

MTB Sanggau

26
Melintasi Sungai. Sejumlah anggota MTB Sanggau ngegowes melintasi salah satu anak sungai di daerah Kabupaten Sanggau, beberapa waktu lalu. MTB Sanggau for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Sanggau RK. Mountain Bike (MTB) Sanggau merupakan komunitas penyuka sepeda yang berdirinya pada akhir 2014 silam. Latar belakang anggotanya pun Beragam. Mulai dari anak muda hingga mereka yang berumur lebih dari 60 tahun. Dengan berbagai profesi dan pekerjaan.

“Mulai dari pemula, bahkan atlet sepeda. Inilah yang mewarnai komunitas MTB Sanggau. Berbagai cara berolahraga serta menyalurkan hobi untuk menghilangkan kepenatan setelah menuntaskan pekerjaan rutin dalam sepekan,” ujar anggota MTB Sanggau, Erfan, Sabtu (11/8) pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Erfan menuturkan, dengan bersantai mengayuh sepeda (ngegowes) diyakini mampu menyenangkan pikiran serta akan membuat stamina tubuh menjadi sehat dan bugar.

“Aktivitas inilah yang dilakoni komunitas MTB Sanggau setiap hari Minggu. Mereka bersepeda menerobos hutan dan lahan perkebunan kelapa sawit. Setiap akhir pekan atau hari Minggu bersepeda. Dengan rute yang berpindah-pindah,” ulasnya.

Menurutnya, saat ini mereka lebih banyak ngegowes di sekitaran Kota Sanggau. Tetapi, terkadang bersepeda di luar kota. Dengan mencari rute yang ekstrem serta menantang.

“Jika para anggota sepakat untuk latihan di luar kota, baru kita berangkat untuk ngegowes ke luar kota. Kita biasanya ngegowes main di offroad dan menempuh jarak rute hingga sekitar 30 kilometer,” paparnya.

Setelah sampai di tempat tujuan. Biasanya dilanjutkan dengan acara makan-makan serta nongkrong bareng. Utamanya ditempat yang sering ditongkrongi atau tempat yang paling sering mereka kunjungi. Yakni kawasan yang ada air terjun atau riam.

“Mari memulai hidup sehat dengan berolahraga sepeda. Apalagi hobi ini yang bikin ketagihan. Kita tidak membatasi usia. Yang penting hobi bersepeda, silakan bergabung bersama kita,” gugahnya.

Senada dengan Erfan, anggota MTB Sanggau, Abang Syukur menambahkan, usia tak memakan semangat untuk bergowes. Bahkan di usia yang tak muda lagi, ia mengaku rutin bersepeda bersama komunitas setiap akhir pekan.

“Hobi gowes sangat bermanfaat untuk kesehatan. Walaupun usia saya terbilang tak muda lagi, tapi untuk gowes semangat saya masih muda,” tegas Bang Kodol.

Sekadar diketahui bahwa titik kumpul komunitas MTB Sanggau berada di jalan raya depan Kantor Bupati Sanggau. Setelah semua berkumpul baru mereka menggowes sesuai dengan rute yang disepakati.

Reporter: H Darmansyah Dalimunthe

Redaktur: Andry Soe