Narjo: Online Jangan Asal Main Kutip Saja

457
Setyo Joko Sunaryo

eQuator – Trending topic luar biasa di dunia maya melejitkan nama Setyo Joko Sunaryo, sebagai suapi perkasa punya sembilan istri dan serumah dengan enam perempuan yang sah dinikahinya. Lebih 25.000 netizen membaca dan share cerita kehidupan rumah tangganya seperti ditulis Harian Rakyat Kalbar, eQuator.co.id dan Jawapos.com serta JPNN.com (JP Group).

Belakangan Narjo, begitu dia disapa, kecewa kalau kisahnya itu asal dikutip saja tanpa konfirmasi langsung dengannya apalagi tanpa wawancara. “Saya tidak mau jika ada media hendak mempublikasikan berita tentang kehidupan saya tanpa melalui proses wawancara kepada saya beserta istri-istri saya,” tegas Naryo kepada Antonius, wartawan RK di Ngabang, kemarin (5/11).
Akibatnya, kata Narjo, berita yang diterbitkan banyak tidak sesuai dengan realita kehidupan yang dialaminya, ditambah ini dan itu sehingga dikomentari negatif. Ia berharap, jika ada media lain yang hendak mempublikasikan berita seputar diri dan keluarganya, media bersangkutan datang ke kediamannya untuk proses wawancara.
“Sebab kita menjaga efek negatif dari berita yang dipublikasikan itu. Terkadang banyak oknum tidak bertanggungjawab mengarang cerita atau menambah kata-kata yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi terhadap saya,” ujar ayah 16 anak itu.

Narjo menganggap media yang mempublikasikan berita seputar kehidupan rumah tangganya tanpa melalui proses wawancara dengannya, media itu tidak profesional.

“Jika memang ingin mempublikasikan berita rumah tangga saya, harus ketemu dengan saya dulu dan saya siap diwawancarai. Jangan hanya bisa memasukan berita ke internet dan sebagainya. Sebab bahasa yang ditulis banyak miringnya. Jika belum ketemu saya, jangan menduplikat berita dari media yang sudah dengan proses wawancara,” ingatnya.
Untuk itu Narjo akan melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan baik bersama media bersangkutan. “Tapi kalau tidak bisa diselesaikan secara baik, tentu akan ditempuh melalui hukum,” tegasnya.

Laporan: Antonius

Editor: Mohamad iQbaL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here