Musyawarah Cabang HNSI KKR

148
HNSI KKR. Wakil Bupati KKR, Hermanus saat memberikan sambutan terhadap HNSI Kabupaten Kubu Raya (KKR). Syamsul Arifi n/RK.

eQuator – Keberadaan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) merupakan suatu organisasi yang merupakan wadah bagi pelaku usaha dan masyarakat, terutama nelayan untuk menggali serta memanfaatkan potensi sumber daya alam di sektor kelautan dan perikanan.

Di Kabupaten Kubu Raya (KKR) keberadaan HNSI, khususnya nelayan dipandang sangat penting. Hal itu dikarenakan HSNI merupakan mitra pemerintah khususnya di sektor kelautan dan perikanan yang diharapkan mampu menjadi pengontrol, pengawas serta mediator antara pemerintah dan masyarakat terutama nelayan yang sebagian besar hidup di kawasan pesisir pantai dan perairan di seantero KKR.

Masyarakat nelayan dengan segenap permasalahan yang kerap mendera mereka, mulai dari kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan, peralatan penangkapan ikan yang tradisional, biaya operasional yang tinggi, kelangkaan BBM serta cuaca yang tidak mendukung untuk melakukan penangkapan ikan serta masih banyak persoalan lain yang hingga hari ini masih saja menggelayuti nelayan di KKR.

KKR memiliki panjang garis pantai yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kalbar.

“Yang mana sebagian besar penduduknya hidup di sepanjang garis pantai tersebut. Yakni dengan mata pencaharian sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan potensi sumber daya kelautan dan perairan yang ada,” ujar Wakil Bupati KKR, Hermanus saat membuka acara Musyawarah Cabang HSNI KKR di Sungai Rengas.

Wabup berharap, melalui Musyawarah Cabang Himpunan Nelayan Nasional di Kubu Raya dapat semakin meningkatkan kualitas nelayan. Baik dari hasil tangkapan, keterampilan melaut dan solidaritas sesama nelayan. Dengan demikian akan semakin mempercepat pembangunan dan memperkuat nelayan Kubu Raya.

“Kita berharap agar musyawarah organisasi yang kita buka hari ini dapat membawa manfaat yang baik bagi kelangsungan hidup dan organisasi nelayan kita di Kubu Raya. Kita berharap mereka dapat semakin terampil dan meningkatkan solidaritas serta kerja sama yang baik sesama nelayan. Dengan demikian juga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan kita. Dengan nelayan sejahtera, daerah kita akan kuat. Jika daerah kita kuat, negara kita juga ikut kuat,” seru Hermanus. (Sul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here