Morkes-Suma Ajak Kader Golkar Bersatu

Suma Jenny Heryanti

eQuator – Wakil Ketua DPRD Kalbar dari Partai Golkar, Suma Jenny Heryanti mengajak kader pohon beringin kembali bersatu membesarkan partai.

Adanya putusan Mahkamah Agung (MA) memenangkan kepengurusan Partai Golkar Musyawarah Nasional (Munas) Bali atau Kubu Abu Rizal Bakrie (ARB), tentunya menjadi keputusan agar bersatu kembali.

“Kita tetap mengajak kader Golkar untuk kembali. Tentunya kader inikan dari Partai Golkar sendiri. Adanya permasalahan sebelumnya, merupakan internal sendiri,” ungkap Suma ditemui di DPRD Kalbar, Senin (2/11).

Istri H Morkes Effendy SPd MH itu mengaku tetap berkomitmen sejak awal mendukung ARB. Apabila kader-kader Golkar yang sebelumnya berseberangan dengan ARB, tentunya dapat kembali bersama-sama membesarkan partai. “Seperti yang diungkapkan Ketua DPD Golkar Kalbar beberapa waktu lalu, silakan yang ingin bergabung kembali, namun tentunya ada mekanisme partai yang mengatur,” jelas Suma.

Sebelumnya Mahkamah Agung (MA) menerima kasasi yang diajukan Ketua Umum Golkar versi ARB. Dengan demikian, Golkar versi Agung Laksono (AL) dari hasil Munas Ancol—

Jakarta dinyatakan tidak sah.

Ketua DPD I Partai Golkar Kalbar, H Morkes Effendi saat merayakan ulang tahun Golkar ke 51 di Sekretariat Golkar Kota Pontianak, Jalan Sutoyo, Pontianak Selatan bersyukur masalah di tubuh Golkar sudah terselesaikan.

Ditegaskan Morkes, Golkar Kubu Agung Laksono di Kalbar dan kabupaten/kota (DPD I dan II) dipersilakan jika ingin kembali bergabung, namun melalui mekanisme partai. “Kalau mereka mau bergabung, silakan. Tapi tetap mengikuti mekanisme Partai Golkar, karena sudah jelas, sudah ada AD/ART dan mekanisme menjadi pengurus dan lain sebagainya. Itu yang menjadi pedoman,” tegas Morkes.

Dijelaskannya, kader yang sebelumnya menjadi pengurus dan keluar dari kepengurusan, karena berpindah ke kubu AL, tentunya tak lagi bisa menjadi pengurus. Kalau pun mau menjadi pengurus, harus melalui mekanisme, dan dilakukan dalam tingkat konsolidasi.

Morkes mengatakan, konflik partainya sudah berakhir. Adanya keputusan MA tersebut, Morkes enggan memperlebar masalah. Golkar Kalbar saat ini butuh persatuan, menyatukan kembali yang telah terpecah-belah.

“Yang sudah terjadi sudahlah. Kita negara hukum, maka harus taat hukum. Jadi tujuan kemenangan Munas Bali itu, bagaimana menyatukan kembali Golkar, meraih kepercayaan masyarakat,” tegas mantan Bupati Ketapang ini.

Laporan: Isfiansyah

Editor: Hamka Saptono

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.