Mengunjungi Desa Mandiri Pertama di Kalbar

DESA MANDIRI Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengunjungi Desa Sutra Mandiri, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Senin (1/4). Desa tersebut telah berubah dari desa maju menjadi desa mandiri. Humas Pemprov Kalbar for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Desa Sutra Mandiri, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara menjadi satu-satunya Desa Mandiri di Kalbar. Senin (1/4), Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengunjungi desa tersebut. Setelah meninjau langsung proyek pembangunan bandara yang akan dibangun di Kabupaten Kayong Utara.

“Saya lihat kantor balai desa bersih, data data lengkap. ini menunjukan  bahwa semua komponen pelayanan itu pasti akan dilayani dengan baik dan  cepat. Saya minta  kepada Bupati untuk layanan di Desa  dikawasan ini yang ada internetnya yang kuat, untuk harus sudah menggunakan Website dan email,” ujar Midji.

Sehingga masyarakat yang akan berurusan surat menyurat cukup dari rumah mengirimkan datanya kedesa. Tidak perlu lagi menunggu kepala desa ditempat. Kecuali ada 4 surat yang tergolong tanda tangan basah.

Midji berharap, kedepan akan dilahirkan lagi desa mandiri sesuai apa yang sudah dicanagkan bersama Pangdam XII Tanjungpura. Kapolda Kalbar yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk menciptakan desa mandiri.

Sementara itu, Kepala Desa Sutra Mandiri, Rifa’i merasa berasa bangga dengan kunjungan Gubernur Kalbar untuk melihat keberadaan desanya, “ini akan lebih mendorong dan memotivasi kenerja para pegawai desa,”ucapnya.

Desa Sutra Mandiri berubah status dari desa maju menjadi desa mandiri berdasarkan  Kemendes Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Desa,Pembangunan Daerah  Tetinggal dan Transmigrasi RI Nomor 2 Tahun 2016. “Indekas Desa Membangun merupakan indeks komposit yang terdiri dari Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks ketahanan ekonomi (IKE) dan Indesk ketahanan lingkungan (IKL),” jelas Rifa’i. (riz)

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!