Menghasut Netizen dengan Wifi Angkot

46
HOAX

eQuator.co.id – BLOG patriotnkri.com sengaja membuat disinformasi terkait dengan program bantuan modem oleh perusahaan aplikasi taksi online di Surabaya. Mereka menjadikan berita tentang proyek corporate social responsibility untuk menghasut netizen. Beritanya mengambil dari Jawapos.com, tetapi judulnya dipelintir habis-habisan. Bunyinya, Siapa Dulu Kepala Daerahnya?…Saat Ibu Kota Kelelep, Surabaya Sudah Sediakan Wifi di Angkot’’.

Tulisan itu lantas di-share di sebuah fanspage Facebook ’’100 Juta Like Para Pendukung Setia Ahok’’. Ya… begitulah, blog-blog pemburu klik masih hobi memanfaatkan orang-orang yang tidak bisa move on dari pilkada DKI Jakarta sebagai bahan untuk mengais keuntungan dunia digital.

Judul asli berita yang diambil dari Jawapos.com itu adalah Angkot di Surabaya Dilengkapi Wifi. Layanan tersebut murni merupakan program CSR perusahaan taksi online yang tidak ada kaitannya dengan kepala daerah di Surabaya. Apalagi kepala daerah di DKI Jakarta. Ada 50 angkot yang mendapatkan modem itu. Perusahaan aplikasi taksi online juga menyediakan paket internet gratis selama empat bulan.

Lucunya, ketika judul hasutan blog Patriot NKRI itu di-share di fanspage ’’100 Juta Like Para Pendukung Setia Ahok’’, ternyata banyak yang percaya. Mereka menganggap bantuan modem tersebut berasal dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Bahkan, itu digunakan untuk mengejek Gubernur DKI Jakarta.

Misalnya, akun facebook Haris Excaa yang berkomentar nyinyir. ”Daripada pinter hambur-hamburin APBD, bagus buat seperti ini. Lebih bermanfaat… Mantap Bu Risma buat contoh Jakarta, Secara ibu kota o… Malu lah harusnya”.

Ada juga akun Agus Budionoelsa yang menuliskan, ”Cocoknya Anis suruh ngurusin kelurahan aja. Kok kalah sama Bu Risma, terlalu berat buat Anis ngurus ibu kota”. (Jawa Pos/JPG)

 

Fakta: Blog Patriotnkri.com mengambil berita dari Jawapos.com tentang program wifi angkot. Tetapi, judulnya diubah untuk menghasut netizen.