Melihat Kiprah Tiga BUMN di Kalbar “Memerdekakan” Masyarakat dan Karyawan

PENYERAHAN BANTUAN. Tiga BUMN menyerahkan bantuan secara simbolis usai upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di SMA Negeri 1, Mempawah, Sabtu (17/8)--Humas Askrindo for RK

eQuator.co.id – MEMPAWAH. PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) selaku PIC serta Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII selaku co-PIC menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di SMA Negeri 1, Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (17/8).

Selain upacara, tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga memberikan “kemerdekaan” kepada masyarakat. Seperti elektrifikasi dan MCK (mandi cuci kakus), beasiswa untuk siswa di Kalbar, sarana air bersih serta bantuan renovasi rumah karyawan dengan total bantuan senilai Rp 545 juta.

Sekertaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putra mengatakan, seluruh kegiatan yang dilaksanakan BUMN dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI ini merupakan salah satu wujud nyata program “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

“Kita mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini akan membuat masyarakat semakin merasakan keberadaan BUMN di tengah kehidupan sehari-hari secara umumnya dan dapat lebih mengenal dan mencintai BUMN,” ujarnya.

Senada dengan Sekertaris Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Askrindo, Andrianto Wahyu Adi mengatakan, serangkaian kegiatan ini merupakan sisi lain yang ditonjolkan bahwa BUMN tidak hanya menjalankan kegiatan usahanya.

Namun Askrindo juga hadir secara nyata di seluruh pelosok tanah air untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat secara merata serta membuat masyarakat semakin merasakan keberadaan BUMN itu sendiri.

“Ini sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk negeri dan ini juga sebagai ajang memperkenalkan diri serta mengingatkan kepada masyarakat bahwa BUMN itu milik negara dan milik rakyat. Juga sebagai unsur bangsa. Kita hanya sebagai agent off development saja,” ujarnya.

Di usia ke-74 Republik Indonesia ini, kata dia, Askrindo juga akan terus berkontribusi untuk masyarakat. Serta akan terus mendorong para UMKM agar lebih meningkatkan kualitasnya sejalan dengan visi perusahaan.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda mengatakan, gelaran upacara di seluruh Indonesia merupakan hal yang sangat positif karena para direksi. Khususnya, jadi lebih mengenal serta mengetahui kebutuhan masyarakat masyarakat secara langsung.

“Khususnya di Kalimantan Barat kami memiliki dua site bisnis yakni budidaya udang di Kabupaten Bengkayang dan pelabuhan di Pemangkat Sambas. Jadi kami secara kongkret membantu masyarakat di lokasi bisnis kami,” ujarnya.

Risyanto juga berharap, di HUT ke-74 Republik Indonesia ini, Perum Perindo terus melakukan pengembangan SDM guna menghadirkan SDM yang berintegrasi, semangat, kebersamaan, profesional dan visioner untuk mendukung SDM unggul Indonesia maju.

Sementara itu, selain bantuan dari tiga BUMN itu, secara khsusus Askrindo juga memberikan bantuan berupa penanaman mangrove di Mempawah, rumah singgah di Bengkayang, PKBM di Sanggau dan Sambas.

Kemudian bantuan keterampilan menjahit untuk BNN Jongkong, Kapuas Hulu, bantuan screen dan infocus untuk SMAN 1 Mempawah serta bantuan taman bacaan di Sanggau dan Bengkayang.

Selain menyelenggarakan upacara dan penyerahan bantuan, ketiga BUMN ini juga menggelar pasar murah dengan menjual 1.000 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng serta beberapa makanan pokok lainnya senilai Rp105.000 dengan harga jual Rp10.000 untuk masyarakat di Bumi Khatulistiwa ini. (oxa)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!