Material Lantai yang Cocok untuk Dapur

eQuator.co.id – Dapur merupakan ruang yang menjadi pusat aktivitas keluarga. Ruang yang juga merupakan tempat diawalinya aktivitas keluarga ini akan sangat sering digunakan dan dikunjungi oleh penghuni rumah bahkan tamu yang datang. Ruang yang paling aktif digunakan ini tentunya sangat penting untuk ditata dengan nyaman dan aman.

Kegiatan masak-memasak di dapur biasanya dilakukan secara berdiri, berjalan mondar-mandir bahkan duduk di lantai. Kegiatan ini tentunya akan menghasilkan percikan minyak, genangan air dan remah-remah makanan. Skenario terburuknya adalah benda berat yang jatuh ke lantai seperti panci bahkan batu lesung yang dapat merusak lantai dapur. Karena itu, memilih material lantai di dapur bukanlah hal yang mudah, karena harus mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Idealnya lantai dapur harus memiliki daya tahan terhadap segalanya. Memilih material lantai yang paling cocok secara fungsi dan estetikanya menjadi hal penting dalam menciptakan dapur yang nyaman dan aman. Untuk anda yang ingin mendapatkan material lantai dapur paling sempurna, berikut beberapa tips dan penjelasan terkait material lantai yang cocok untuk dapur anda.

Material Lantai yang Kesat

Lantai dapur sangat rawan menjadi licin karena terkena air, sabun, minyak hingga lemak. Hindari keramik lantai dengan tekstur licin dan sulit untuk dibersihkan saat terkena cairan. Karena itu, pilihlah material lantai yang teksturnya kesat untuk area dapur Anda.

Material Lantai yang Kuat

Aktivitas yang dilakukan di dapur bisa jadi berbahaya. Misalnya saja saat ada benda berat dan tajam yang terjatuh. Maka dari itu, pastikan untuk memilih keramik lantai yang kuat dan tidak mudah rusak, supaya pemakaiannya bisa lebih tahan lama dan tidak perlu sering mengganti lantai yang rusak.

Warna Terang Jadi Pilihan

Aktivitas di dapur yang rawan mengakibatkan lantai menjadi kotor, bukanlah alasan yang tepat untuk memilih warna yang gelap untuk material lantai dapur Anda. Justru karena lantai dapur rawan kotor anda sebaiknya menggunakan warna yang terang agar noda dan kotoran yang dihasilkan dari aktivitas di dapur dapat dibersihkan dengan sempurna. Sehingga dapur selalu bersih dan aman bagi kesehatan anggota keluarga. Selain itu, warna terang juga akan memberikan suasana tenang dan nyaman saat sedang beraktivitas di dapur. Karena itu, jangan ragu untuk memilih warna yang terang untuk material lantai dapur anda.

Sesuaikan Anggaran

Dalam memilih material lantai dapur, anda tidak harus selalu membeli material lantai yang mahal. Anda bisa memilih merek material yang biasa akan tetapi mempunyai kualitas serta desain atau motif yang setara dengan merek mahal yang berkualitas. Pilihlah material lantai yang sesuai dengan anggaran anda.

Berikut ini jenis-jenis material lantai yang dapat digunakan di dapur anda:

Lantai Vinil

Vinil (vinyl) merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari polimer sintetik yang dipercantik dengan pigmentasi dan penambahan warna. Tipe lantai yang satu ini memiliki banyak pilihan warna serta motif yang dapat disesuaikan dengan keinginan anda.

Material lantai ini juga mudah untuk dibersihkan mengingat lantai dapur pasti akan sering kotor dengan noda dan kuman bekas bahan masakan. Tentunya akan menghemat waktu untuk membersihkannya. Selain itu, harganya relatif murah dan mudah dalam perawatannya. Untuk perawatan berjangka anda cukup memberikan plitur saja. Setiap material tentu memiliki kekurangan.

Lantai vinil yang sudah rusak atau robek, susah dibetulkan kembali, sehingga harus diganti keseluruhannya. Berikut beberapa jenis lantai vinil yang tersedia di pasaran, diantaranya ialah:

 

Ubin Vinil

Lantai vinil yang satu ini memiliki bentuk layaknya ubin keramik persegi. Pilihan tipe yang satu ini sangat cantik dengan tampilan permukaan menyerupai marmer atau lantai keramik klasik. Anda dapat memilih jenis yang satu ini untuk menciptakan sebuah ruangan dengan tampilan yang berpadu sempurna serta menyerupai material aslinya.

 

Papan Vinil

Vinil berbentuk papan ini sangat mirip dengan potongan-potongan lantai hard wood alias lantai kayu asli. Ukuran, fitur, serta permukaannya benar-benar dibuat sangat mirip. Itu sebabnya vinil jenis ini menjadi pilihan banyak orang.

 

Lantai Ubin Keramik

Lantai ubin keramik adalah jenis lantai dapur yang klasik. Di Indonesia, lantai ubin keramik putih sangat sering digunakan sebagai lantai dapur. Jika anda bosan dengan warna putih, jangan khawatir karena motif ubin keramik sangat bervariasi. Anda bisa memilih lantai ubin bermotif rumit atau berwarna sesuai dengan desain interior dapur anda. Jenis material ini memiliki ketahanan yang tinggi dan mudah diganti jika pecah. Selain itu, ubin keramik juga mudah dibersihkan, tahan terhadap air, panas, juga bahan pembersih kimia.

 

Lantai Linoleum

Lantai linoleum adalah lantai yang terbuat dari minyak biji rami, gabus atau serbuk kayu, dan goni (sejenis serat tumbuh-tumbuhan). Komposisi cerdas ini membuat lantai linoleum tidak licin, anti statis, dan mudah perawatannya. Bila anda ingin memberikan sentuhan berbeda pada desain dapur, lantai linoleum tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Lantai jenis ini harus dipasang oleh ahlinya karena diperlukan perekat khusus pada saat proses pemasangan. Selain itu, pelapis anti abrasi yang halus dan tidak mengkilap dapat mencegah penetrasi air yang dapat merusak material. Jika bagian bawah lantai terpasang dengan benar, lantai linoleum bisa bertahan puluhan tahun.

 

Lantai Batu Alami

Lantai batu alami adalah pilihan yang sangat sempurna untuk lantai dapur karena ketahanannya. Material ini tahan terhadap air dan noda lainnya, sehingga cocok untuk dapur dengan segala aktivitasnya. Anda juga bisa memilih varian lantai batu berdasarkan kebutuhan dan desain dapur.

Lantai batu granit gelap adalah jenis lantai yang paling keras dan kuat. Lantai gamping travertine memiliki pori, berstruktur keras, dan menawarkan tampilan warna pasir yang bervariasi.

Sedangkan lantai batu yang paling populer adalah lantai marmer. Namun, lantai marmer lebih sensitif daripada lantai granit, sehingga diperlukan perawatan khusus. Noda atau bercak harus segera dibersihkan agar tidak meninggalkan bekas.

 

Lantai Kayu

Lantai kayu telah sejak lama digunakan sebagai material lantai untuk rumah. Lantai kayu sangat baik dalam menjaga temperatur ruangan dan mendatangkan atmosfer nyaman. Lantai kayu dapat mempercantik berbagai gaya desain dapur. Selain sempurna untuk dapur bergaya rustic, lantai kayu juga memberikan sentuhan kontras untuk dapur gaya industrial. Warna dan serat masing-masing jenis kayu membuat ruangan tampak lebih hidup.

Lantai kayu juga memerlukan penanganan khusus agar tahan lama. Pelapis untuk lantai kayu adalah sebuah keharusan, agar goresan dan noda air bisa dihindari. Perawatan secara teratur harus dilakukan jika memilih lantai kayu sebagai material lantai dapur. Jika kita meletakkan meja dan kursi makan di dapur, sebaiknya letakkan bantalan di bawahnya agar lantai kayu tidak tergores. (*)

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!