Manfaat Buka Puasa Bersama

Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – Setiap datang bulan Ramadan istilah buka puasa bersama (Bukber) sering kita dengar. Undangan dan ajakan teman-teman kantor atau sekolah, hingga keluarga besar terus berdatangan.

Tidak hanya itu, bukber biasa diadakan untuk pelengkap kegiatan sosial, seperti berkunjung ke rumah yatim piatu dan panti jompo. Seperti dikutip dari laman innomuslim, ada sejumlah manfaat dari bukber.

 

  1. Menjaga Keharmonisan Keluarga

Buka bersama dengan keluarga merupakan kegiatan buka puasa yang paling sering kita lakukan, karena keluarga merupakan orang terdekat kita dan yang paling kita sayangi, sehingga kebanyakan dalam bulan Ramadan kita melakukan buka puasa bersama dengan keluarga. Dengan buka bersama keluarga, tentunya keluarga kita akan menjadi rame dan terasa lengkap sehingga keharmonisan keluarga akan tetap terjaga.

 

  1. Meningkatkan Kerjasama

Manfaat ini bisa kita dapatkan ketika sedang mengadakan kegiatan buka bersama dengan teman-teman kita. Misalkan dengan cara membagi tugas masing-masing seperti, yang laki-laki mempersiapkan bahan, sedangkan perempuan yang memasak. Dengan demikian kerjasama yang kita lakukan akan menjadi terpadu, sehingga tidak akan ada lagi yang namanya “miss communication” dalam bekerjasama.

 

  1. Meningkatkan Solidaritas

Secara etimologi Solidaritas memiliki arti “kesetiakawanan atau kekompakan”. Ada sebuah Hadits Rasululllah SAW mengenai solidaritas, “Perumpamaan orang-orang mumin dalam cinta dan kasih sayangnya seperti badan manusia, apabila salah satu anggota badan sakit maka seluruh anggota badan merasakannya”. Jadi dalam mengadakan kegiatan buka bersama, jika sudah dilakukan dengan tugas dan porsinya masing-masing, artinya tidak kurang dan tidak lebih. Maka ini akan meningkatkan kekompakan dalam suatu komunitas atau organisasi, sehingga hasil yang kita dapatkan Insya Allah akan sesuai apa yang kita inginkan.

 

  1. Mengurangi Angka Kelaparan

Sebenarnya manfaat dari buka bersama ini hanya beberapa persen saja. Karena kegiatan buka bersama ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu saja, misalkan sebuah perusahaan atau organisasi yang mengadakan syukuran dan mengundang kaum fakir miskin.

 

  1. Meningkatkan Harkat dan Martabat

Khusus manfaat ini merupakan manfaat yang sudah direncanakan. Misalkan seorang calon pemimpin yang mengadakan kegiatan buka bersama yang diikuti oleh satu warga desa. Dengan demikian warga akan menilai bahwa calon pemimpinnya sangat baik dan pemurah. Ini bisa dikatakan salah satu manfaat sosial juga, karena kegiatan buka bersama tersebut diikuti oleh banyak orang. (in)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!