Makeover Es Serut

Jajanan Primadona Semua Usia

29

Kalau cuaca panas, satu es serut mana cukup…

Siapa yang tak suka es serut? Kudapan dingin menyegarkan ini jadi favorit banyak orang. Proses dan isinya sederhana. Es batu diserut, ditambahkan sirup rasa buah atau Milo, diberi potongan jelly atau toping sesuai selera.

eQuator.co.idMempawah-RK. Ngetop dengan sebutan Es Kepal Milo, jajanan ini merupakan makeover dari es serut yang kini jadi primadona, terutama anak muda. Kalau dulu minuman ini jadi manis karena siraman sirup buah, kini dessert kekinian ini menggunakan siraman saus coklat Milo yang rasanya sudah akrab dengan lidah orang Indonesia.

Jajanan ini viral dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Penyuka jajanan es lintas usia, pasti tak ingin melewatkan es serut yang dibentuk menyerupai kepalan ini. Apalagi saat cuaca panas.

Salah satu penyedia es kekinian itu adalah Es Serut Pontianak. “Saya mulai menjual es serut setelah melihat jajanan tersebut trending di Youtube, ramai penggemarnya. Tak berpikir lama-lama, saya langsung mulai menyiapkan semuanya,” ungkap Owner Es Serut Pontianak, Yudha kepada Rakyat Kalbar, Sabtu (21/7).

Yudha menyebut, usaha jajanan es serutnya sudah memiliki dua cabang di Kota Pontianak. Pertama, di depan Halaman D’gea Boutique, samping Boss Parfum, Jalan Gusti Hamzah Nomor 38 Pontianak. Cabang yang lain, di Halaman RM Citra Selera Jalan Sungai Raya Dalam, persis di depan Raja Uduk. “Ayo penggemar jajanan es serut, mampirlah ke tempat kami. Harganya murah meriah dengan banyak pilihan rasa,” ucapnya.

Melengkapi varian rasa, dia menggunakan bahan baku berupa buah segar dan sereal yang dilumuri coklat khas untuk melengkapi rasa. Sehingga membuat konsumen ketagihan untuk merasakan es serutnya berulang-ulang. “Ada empat varian rasa yakni Milo harganya Rp15.000, Alpukat Rp20.000, Mangga Rp20.000, Buah Naga seharga Rp15.000 dan Cream Cheese Rp5.000,” paparnya.

Untuk produk recommended, Yudha menyebut, banyak anak muda menggemari Es Serut Mangga (Cheese). Varian ini perpaduan mangga dan cheese paling top dengan rasa cinta lama yang bersemi kembali. “Es Serut Milo (Cheese) tak perlu ditanyakan lagi rasanya itu gimana, rasanya seperti mengejar-ngejar kamulah, manis-manis gimana gitu,” ungkapnya bercanda.

Satu lagi, ungkap Yudha, varian dari Es Serut Pontianak yang sangat digemari masyarakat yakni Es Serut Alpuka Milo, perpaduan alpukat yang khas ditambah rasa milo menjadi pelengkap rasa yang memanjakan lidah tentunya.

Yudha juga mengajak kawula muda untuk memulai membangun usaha dari fase terkecil. Kemampuan bertahan dalam berwirausaha akan mengantarkan menjadi entrepreneurship. “Jangan takut untuk mencoba. Setelah mencoba, kita akan tahu hasilnya seperti apa,” ucapnya.

Dia menambahkan, hal terpenting dalam memulai usaha adalah niat yang harus ditekadkan secara kuat, dan tahan terhadap hantaman kendala ketika menjalani usaha. “Kalau kita kuat dalam niat, kendala apapun yang menghadang di depan nantinya, pasti akan mendapatkan solusinya,” pungkasnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto