Logo McD Terbalik Bukan Foto Editan

59
HOAX

eQuator.co.id – KEMARIN beberapa grup WhatsApp menerima kiriman logo restoran cepat saji McDonald’s yang terbalik. Ada yang menganggap foto itu hoax. Ada juga yang mengira bahwa itu hasil digital imaging. Bahkan, ada yang memanfaatkannya untuk membuat judul clickbait.

”Waduh, Logo McDonald’s Terbalik.” Begitu judul sebuah situs berita. Ternyata foto yang beredar tersebut bukan terbalik. Faktanya, logo itu memang sengaja dibalik. Foto-foto yang beredar juga bukan hoax. Logo tersebut sengaja dipasang terbalik untuk memperingati International Woman’s Day.

Kebanyakan foto yang disebar netizen itu berasal dari screenshot video promosi McDonald’s dalam merayakan International Woman’s Day. Dalam video tersebut, McDonald’s menceritakan kesuksesan Patricia Williams mengembangkan bisnis McDonald’s.

Awalnya, pada 1987 Patricia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan membeli restoran McDonald’s. Perempuan single parent dengan dua anak perempuan itu dikisahkan begitu tangguh dalam bekerja. Dia berhasil mengembangkan restorannya. Restorannya pun bertambah jadi dua, lima, dan akhirnya mencapai 18 gerai.

Dalam video tersebut, tampak sebuah gerai McDonald’s yang menurunkan logonya berbentuk M. Logo itu lantas dibalik hingga akhirnya terlihat seperti ”W” (Woman). Namun, tak semua restoran McDonald’s mengubah logonya dari M menjadi W. (Jawa Pos/JPG)