Liburan Imlek, Kaget Rumah Dihuni Mayat

Mr. X Membusuk di Gang Tenaga Baru

MEMBUSUK. Mayat Mr. X mulai mengering dan membusuk di rumah kosong Gang Tenaga Baru Jalan Pahlawan, Pontianak Selatan, Rabu (1/2). I GEDE KHARISMA YUDHA DHARMA

eQuator.co.idPontianak-RK. Warga Gang Tenaga Baru, Jalan Pahlawan, Pontianak Selatan dihebohkan penemuan mayat di rumah kosong, Rabu (1/2) pukul 16.00.

Mayat laki-laki yang mulai mengering dan sudah membusuk dalam posisi telentang ini ditemukan pemilik rumah, Robianto, 25. Dia mengaku tinggal di Jakarta dan sedang berlibur ke Kota Pontianak merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga.

“Tadinya mau liat-liat tempat (rumah) sini. Kan rumah ini sudah lama dikosongin, mau liat buat renovasi tadinya. Taunya pas saya masuk tembok sebelah kiri tuh ada bolong. Pas mau ke belakang lihat kayak ada boneka gitu, tapi baunya gak kayak boneka, kayak mayat. Akhirnya gak berani masuk langsung manggil tetangga,” jelas Robianto.

Robianto mengaku rumahnya sudah tidak dikontrakan lagi, sejak tujuh atau delapan bulan lalu. Penghuni yang mengontrak dulunya sudah pindah sejak tahun lalu. Sebelum dikosongkan, rumahnya sudah dicek terlebih dahulu dan dalam keadaan rapi.

Jajaran Polsek Pontianak Selatan mengevakuasi mayat pria tanpa identitas itu dan dibawa ke RSUD dr Soedarso untuk diotopsi. Polisi melakukan penyelidikan, mencari tahu sebab kematiannya.

“Jadi Babin kita mendapat laporan dari RT ada temuan mayat. Saat kita datangi TKP, ternyata memang benar di rumah Nomor 36 Gang Tenaga Baru ada penemuan mayat. Rumah itu dalam keadaan kosong,” jelas AKBP Slamet Jauhari, Wakapolsek Pontianak Selatan.

Menurut Slamet, rumah itu sudah cukup lama kosong. Bisa dilihat dari kondisi rumah. Bahkan kabarnya rumah itu sudah dijual kepada Robianto.

“Jenazah masih belum bisa diidientikfikasi identitasnya. Sementara yang bisa kita identifikasi, mayat itu berjenis kelamin laki-laki, kepala agak botak, usia belum bisa kita ketahui, masih kita katakan Mr. X,” jelasnya.

Dari rumah tersebut, kepolisian menyita beberapa barang bukti yang tersimpan dalam tas milik pria yang membusuk tersebut. “Tidak tahu isinya apa. Belum kita buka, nanti kita cek kembali,” ungkapnya.

Tim Inafis Reskrim Polresta Pontianak langsung melakukan olah TKP. Tubuh mayat sudah dalam kondisi membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Diduga rumah yang terkunci itu membuat udara pengap, meski mayat membusuk dan kering, namun tidak dihinggapi belatung. Polisi masih belum bisa memastikan, apakah ada unsur kejahatan dalam kasus ini.

Ketua RT 001/ RW 002 Gang Tenaga Baru, Khusyairi mengaku mendapat laporan dari warga. “Dikasih tahu Pak RT belakang, kayaknya ada mayat di rumah yang kosong di belakang itu,” bebernya.

Khusyairi langsung mendatangi lokasi. “Sampai di sini saya lihat, saya masuk ke dalam, saya senter memang benar ada mayat,” ujarnya.

Diakuinya, rumah itu sudah cukup lama tidak ditempati. “Sempat dulu pernah ada yang tinggal, sekitar setahun yang lalu. Orangnya pindah, jadi rumah itu terkunci,” tuturnya.

Dikatakan Khusairi, warganya tidak menemukan tanda-tanda aktivitas di rumah tersebut. Meskipun warga juga sempat mencium aroma tidak sedap dari lokasi kejadian sekitar bulan Oktober silam.

“Mereka pikir ada bau, terus mereka senter di bawah-bawah kolong, pikir ada kucing atau anjing yang mati. Karena dilihat kucing dan anjing tak ada yang mati, sementara posisi rumah terkunci, ya mereka tidak mungkin juga masuk,” ungkapnya. (gde/isa)