Lestarikan Kerajinan Khas Kubu Raya

455
Salah satu kerajinan khas dari Kubu Raya yang terbuat dari bahan lidi kelapa. IST/NET

eQuator – Ketua Tim Penggerak PKK, Endang Indrawati menilai hasil kerajinan lokal Kubu Raya pada dasarnya tidak kalah saing dengan daerah lainnya.

“Awal November lalu saat mengikuti orientasi pengembangan kepribadian dan kepemimpinan bagi istri peserta orientasi kepemimpinan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tahun 2015, saya ajak teman-teman Dekranasda untuk ikut pameran hasil kerajinan lokal Kubu Raya.

Dan hasilnya Alhamdulillah, cukup banyak produk kerajinan yang dilirik dan dibeli teman-teman dari luar Kalbar,” papar Endang.

Untuk meningkatkan kualitas hasil kerajinan lokal khas Kubu Raya, Endang Indrawati berencana akan terus merangkul perajin local. Kemudian membuat inovasi berbagai hasil kerajinan dan produk olahan, sesuai potensi yang dimiliki masing-masing daerah di Kubu Raya.

“Selama ini mungkin masih ada sebagian perajin dan pembuat produk olahan local, belum mendapatkan bimbingan maksimal.

Khususnya dalam pengembangan produk yang dimiliki. Ke depan saya berharap ada peran aktif dari Tim Penggerak PKK di setiap kecamatan, untuk memberikan pembinaan yang lebih maksimal bagi setiap  perajin atau para pembuat produk olahan lokal khas Kubu Raya,” ungkap Endang.

Selain meningkatkan kualitas perajin lokal, Endang juga berencana akan meningkatkan pemberdayaan perempuan, peningkatkan kesejahteraan ibu dan anak, serta program kerja lainnya yang erat kaitannya dengan tugas tim penggerak PKK, Dekranasda dan perannya sebagai istri Bupati Kubu Raya.

“Semua perencanaan saya rasa selaras dan berkaitan langsung dengan semua materi selama mengikuti orientasi pengembangan kepribadian dan kepemipinan belum lama ini. Semoga saja semua perencanaan saya ini mendapat dukungan semua pihak, dan bisa terealisasi maksimal di lapangan,” harap Endang. (sul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here