Lepas Balon ke Udara, Dihadiri Tentara Diraja Malaysia

Ragam Bentuk Peringatan HUT ke-73 RI di Sanggau

17
Pelepasan balon ke udara sebagai wujud rasa sukur atas kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia—ist

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Meski jauh di Ibukota Sanggau, peringatan HUT RI ke-73 di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Entikong juga tak kalah meriah. Upacara dipimpin Dandim 1204/Sgu Letkol. Inf. Hery Purwanto pada Jumat (17/8) sekitar pukul 08.00 di lapangan PLBN Entikong dan berlangsung penuh khidmat.

Tak hanya dihadiri pejabat dalam negeri seperti Kepala PLBN Entikong. Vitrorius Dunan, Kepala BC Entikong, Dwi Y, Kepala Imigrasi Entikong, Herry, upacara HUT RI ke-73 itu juga dihadiriTentara Diraja Malaysia, Polis Diraja Malaysia, JPJ Malaysia,

Bertindak selaku inspektur upacara Dandim 1204/Sgu Letkol Inf. Herry Purwanto, Perwira Upacara  Lettu Ch Bakirin, Komandan Upacara  Kapten Inf. Nur Wahid T, Pembacaan Teks Proklamasi  Kepala SMKN 01 Entikong dan Pembacaan Doa oleh Kepala KUA Entikong.

Usai upacara, dilanjutkan dengan pelepasan balon  ke udara oleh Dandim 1204/sgu Letkol lnf Herry Purwanto, dan seluruh peserta upacara.

Sementara itu di Kota Sanggau, peringatan HUT RI ke-73 menjadi berkah tersendiri bagi para narapidana Rutan Klas IIB Sanggau. Sebanyak 166 narapidana resmi mendapat pengurangan hukuman (remisi). Empat di antaranya bahkan langsung bebas.

Remisi Umum Kemerdekaan 2018 diberikan secara simbolis kepada perwakilan warga binaan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi. Penyerahan remisi itu dilakukan di dalam halaman Rutan Sanggau(17/8) .

“Saya bersama pemerintah Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat kepada yang mendapatkan remisi dan apa yang telah dijalani menjadi pembelajaran untuk kedepannya,” kata bupati.

Kepala Rutan Sanggau Isnawan menjelaskan penyerahan remisi yang dilakukan langsung oleh Bupati Sanggau mewakili Bapak Menteri Hukum dan HAM RI. Isnawan berharap yang mendapat remisi terutama yang langsung bebas supaya bisa berintegrasi dengan masyrakat, bersosialisasi kembali kepada masyarakat sehingga menjadi warga masyarakat yang taat aturan.

Kemeriahan peringatan HUT RI ke-73 juga dirasakan masyarakat. Beragam perlombaan khas 17-an digelar. Di Komplek Dizawika, Jalan RE Martadinata misalnya, perlombaan dimulai sore hari sekitar pukul 15.00.

“Khusus untuk anak-anak. Akan dilanjutkan besok (hari ini). Sedangkan untuk dewasa ada lomba panjat pinang, bola dangdut dan tarik tambang digelar hari Minggu,” kata Satriadi Irsyad, Ketua Panitia.

 

Laporan: Darmansyah Dalimunthe

Editor: Kiram Akbar