Lampion Warna-warni Sambut Perayaan Imlek

39
Bupati Mempawah, Ria Norsan beserta Panitia Imlek dan Capgome Kecamatan Sungai Pinyuh melaksanakan Rapat Koordinasi di Kantor Camat Sungai Pinyuh. Ari Sandy

eQuator.co.id – Sungai Pinyuh-RK. Jelang perayaan Tahun Baru Imlek dan Capgome (CGM) pada Febuari mendatang, masyarakat etnis Tionghoa di berbagai daerah mulai memasang lampion di seputar jalan utama. Tidak terkecuali di Kecamatan Sungai Pinyuh. Ribuan lampion mulai dipasangi di sejumlah jalan raya.

Ada hal yang menarik dari lampion di Sungai Pinyuh. Panitia Imlek memberikan sedikit warna yang berbeda pada lampion yang kebanyakan berwarna merah itu. “Kali ini, lampion yang dipasang tak hanya dominan warga merah, melainkan warna-warni dan pemasangan lampu lampion ini kita lakukan di sejumlah titik jalan utama di Kecamatan Sungai Pinyuh dan sekitarnya,” jelas Ketua Panitia Imlek dan CGM Sungai Pinyuh, Achien, Minggu (28/1).

Achien mengungkapkan, lampu lampion yang dipasangnya tidak hanya berwarna merah, melainkan bervariasi dengan warna lain. Sehingga menambah gemerlap kemeriahan Imlek dan CGM pada malam hari. “Untuk lampion warna-warni ini merupakan kreativitas panitia. Kami ingin menampilkan nuansa warna yang berbeda pada Imlek dan CGM tahun 2018 ini. Agar semakin menarik dan meriah dengan gemerlap lampu warna-warni,” ucapnya.

Ia mengatakan, tak hanya kreativitas untuk menambah kemeriahan, menurut Achien, warna-warni lampu lampion memiliki makna tersendiri. Yakni mewakili keberagaman multi etnis dan agama masyarakat yang hidup harmonis di wilayah Kabupaten Mempawah. “Maknanya melambangkan persatuan dan kesatuan dalam kemajemukan masyarakat Kabupaten Mempawah. Dengan keragaman ini, kita ingin memupuk persatuan dan solidaritas seluruh elemen masyarakat dalam momentum perayaan Imlek dan CGM 2018,” tuturnya.

Terkait lampion yang dipasangnya, Achien mengungkapkan, jumlahnya mencapai ribuan lampu. Pemasangan telah dimulai sejak pekan lalu dan ditargetkan tuntas pada pekan depan. Sehingga persiapan perayaan Imlek dan CGM 2018 di Kecamatan Sungai Pinyuh lebih matang dan semarak. “Dalam pemasangan lampion ini, kami selalu berhati-hati dan teliti mereka setiap jaringan yang akan dipasang. Bahkan, kami juga meminta bantuan mobil pemadam kebakaran Sungai Pinyuh untuk memudahkan pemasangan lampion,” tutupnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto