Kontraktor Jangan Asal-asalan Bangun Rusus Nelayan

BATU PERTAMA: Bupati Kayong Utara, Citra Duani meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Rusus nelayan di Desa Alur Bandung, Kecamatan Teluk Batang, Kamis (18/7). Japri Humas for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – KAYONG UTARA-RK. Bupati Kayong Utara, Drs Citra Duani meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Khusus (Rusus) Nelayan di Desa Alur Bandung, Kecamatan Teluk Batang, Kamis (18/7).

Peletakan batu pertama ini dihadiri Kepala Satuan Non Vertikal (SNVT) Provinsi Kalimantan Barat, Kapolsek Teluk Batang, Sekretaris Perkim LH Kayong Utara, Kades Alur Bandung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Alur Bandung.

Dalam sambutannya, Bupati Citra menjelaskan, pembangunan Rusus ini adalah program dari dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR).

Rusus ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus seperti nelayan, pemukiman, korban bencana atau pengungsi, guru, tenaga medis, TNI/Polri dan petugas di daerah perbatasan serta pulau terpencil.

Namun untuk di Kayong Utara, kata Citra, akan dibangun perumahan untuk nelayan. “Semoga ini dapat membantu kesejahteraan nelayan,” harap Citra.

Bupati Citra berpesan kepada kontraktor agar lebih mengedepankan kualitas dalam pengerjaan bangunan Rusus Nelayan ini. “Tidak asal-asalan, baik dari bahan yang akan dipasang maupun dari segi pengerjaannya harus lebih mengedepankan kualitas. Jangan sampai baru beberapa bulan pascadiresmikan bangunan ini sudah banyak yang rusak,” ingatnya.

Kemudian Bupati Citra berharap kepada para nelayan yang belum mendapatkan Rusus agar bersabar. “Mengingat Rusus yang akan dibangun hanya 25 unit. Sementara nelayan di sini sangat banyak. Sehingga ada nelayan yang tidak kebagian untuk menempati Rusus ini,” katanya.

Bagi nelayan yang mendapatkan program ini supaya dihuni dengan baik. “Selalu memperhatikan kebersihan lingkungan Rusus ini,” harapnya.

Selanjutnya ke depan Bupati Citra juga menginginkan agar para nelayan bisa membudidayakan udang getah dengan cara membuat penangkaran untuk untuk menambah penghasilan.

Saat ini harga udang getah tersebut cukup tinggi. “Sehingga ini perlu diperhatikan sebagai peningkatan ekonomi para nelayan di Kayong Utara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SNVT Provinsi Kalimantan Barat, Ir Andi Suganda mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan Rusus. “Sehingga pembangunan perumahan khusus bagi nelayan ini dapat telaksana pada,” ucapnya.

Kemudian Andi Suganda juga menerangkan bahwa pembangunan Rusus di Kayong Utara ini merupakan salah satu program Kementerian PUPR melalui Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan atau SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2019 dan segera direalisasikan pembangunannya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup (PerkimLH) Kabupaten Kayong Utara yang diwakili oleh Sekretaris, Aslinda mengungkapkan, program ini telah diusulan pada 2017, di mana saat itu Dinas PerkimLH berdiri, salah satu permasalahan usulan ini adalah lokasi tanah yang belum disediakan Pemerintah Desa.

“Kita telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, dan pada 2018 kita usulkan kembali, dan direalisasikan pada 2019, dan dilakukan oleh SNVT di Provinsi Kalbar,” ujar Aslinda.

 

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!