Komunitas Membaca dan Perpustakaan Jalanan Ramaikan CFD

19
ANTUSIAS. Masyarakat dengan antusias membaca buku yang digelar Komunitas Membaca dan Perpustakaan Jalanan Singkawang di Jalan Merdeka, Singkawang, Minggu (22/7)—SUHENDRA/RK
ANTUSIAS. Masyarakat dengan antusias membaca buku yang digelar Komunitas Membaca dan Perpustakaan Jalanan Singkawang di Jalan Merdeka, Singkawang, Minggu (22/7)—SUHENDRA/RK

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Car Free Day (CFD) Kota Singkawang ramai dikunjungi masyarakat. CFD yang terletak di sepanjang Jalan Diponegoro (eks Bioskop Kota Indah) hingga Jalan Merdeka (Mess Daerah) itu, baru diresmikan Wali Kota Singkawang, Thjai Chui Mie, Minggu (8/7) lalu.

Langkah menghidupkan kembali CFD terus mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Salah satunya Triono. Penggagas sekaligus Ketua Komunitas Masyarakat Membaca dan Perpustakaan Jalanan Kota Singkawang ini sangat senang ketika diberi kesempatan untuk melakukan aksi sesuai bidangnya.

Pria 29 tahun tahun itu, bersama timnya memamerkan koleksi-koleksi bukunya di kawasan CFD tepatnya di Taman Burung, Minggu (22/7) pagi.

“Kami menggelar buku-buku ini agar anak-anak dan masyarakat termotivasi untuk gemar membaca buku. Ini merupakan salah satu upaya kami dalam kampanye gemar membaca. Pelan-pelan dengan usaha ini dapat mengurangi ketergantungan anak pada gadget,” tuturnya sambil melayani masyarakat yang tengah melihat-lihat koleksinya.

Dengan adanya program CFD ini, kata dia, diharapkan masyarakat khsusnya anak-anak mau membaca buku yang disediakan pihaknya. Sebagian koleksi buku yang dipajang Triono merupakan buku untuk anak-anak. Ada juga khusus untuk orang tua.

“Koleksi buku yang ada pada kami memang masih sangat terbatas. Namun dengan modal kemauan yang tinggi, kami berharap dapat mendorong masyarakat luas untuk sama-sama mempunyai keinginan dan tanggung jawab terwujudnya masyarakat yang gemar membaca,” harapnya.

Untuk menambah koleksi bukunya itu, Triono juga membuka diri untuk menerima sumbangan buku-buku dari mana pun. Para donator dapat menyumbang buku-bukunya di Taman Burung, Jalan Merdeka Singkawang, setiap Minggu pukul 06.00 Wib hingga 09.00 Wib. (hen)