KMKS Fasilitasi Peserta SBMPTN

31
Panitia foto bersama peserta Tryout SNMPTN, usai acara pelepasan peserta dari Kabupaten Sambas menuju Kota Pontianak, Sabtu (5/5). Sairi

eQuator.co.id – Sambas-RK. Tidak hanya mempersiapkan sebagai calon mahasiswa dengan menggelar Tryout Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Sabtu (5/5), Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) juga memfasilitasi pemberangkatan warga Sambas menuju Kota Pontianak menggunakan bus.

“Kegiatan ini dinamai KMKS Peduli Pendidikan memberangkatkan ratusan peserta SBMPTN Tahun 2018,” kata Departemen Aksi dan Advokasi KMKS, Muhammad Rifa’ie.

Dia mengatakan, KMKS telah melaksanakan tryout, memfasilitasi calon mahasiswa untuk berangkat. Kemudian, saat di Pontianak peserta SBMPTN ini juga diberikan bimbingan. “Selain pelepasan peserta SBMPTN dari Sambas, nanti di Pontianak juga akan ada penyambutan peserta,” katanya.

Setelah sampai di Pontianak, peserta SBMPTN dibimbing ataupun diantar ke tempat penginapan masing-masing. Mereka yang memiliki sanak saudara di Pontianak, maka akan diantar ke tempat sanak saudaranya. Sedangkan mereka  yang tidak mempunyai sanak saudara, akan ditampung di Sekretariat KMKS. “Bukan hanya ditampung, tapi untuk keperluan-keperluan lainnya pun kami siap membantu, seperti untuk pengecekan ruangan ujian, antar jemput selama di Pontianak, fotocopy berkas dan lain-lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KMKS, Deki mengatakan, agenda penyambutan sudah menjadi agenda rutin sejak lima tahun terakhir. “Tujuannya untuk membantu sesama warga Sambas, supaya datang dengan selamat, lancar selama tes, tidak ada yang telantar, tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, karena dulu kami juga dibantu senior-senior di KMKS, dan sekarang giliran kami untuk membantu adik-adik yang baru,” jelasnya. (sai)