Kemenhub Sambangi Dermaga Sungai Ayak-Sunyat

Mobil Nyemplung Hingga Jalan Rusak

RUSAK. Jalan menuju Dermaga Sungai Asam-Sunyat rusak. Akibatnya, sebuah kendaraan yang melintas di kawasan tersebut amblas, Sabtu (12/1) lalu. Tim dari Kemenhub RI turun ke lapangan melakukan pengecekan. dok

eQuator.co.id – Sekadau-RK. Truk pengangkut bahan pokok nyemplung ketika akan masuk ferry KM Seluang, dan rusaknya jalan menuju Dermaga Sungai Ayak-Sunyat sampai ke ‘telinga’ Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Institusi itu langsung menerjunkan timnya ke lokasi.

“Ada tim dari Kemenhub yang akan datang kesana,” ujar Abang Yasin, Kepala Dinas Perhubungan Sekadau kepada Rakyat Kalbar via selularnya, Selasa siang (15/1).

Yasin yang sedang berada di kantor Kemenhub RI, Jakarta itu mengatakan, tim yang datang itu berasal dari Dirjen ASDP Kemenhub. Hanya saja, ia tidak menjelaskan secara rinci jumlah, identitas maupun siapa saja yang masuk dalam tim tersebut. “Hari ini (kemarin, red) sudah sampai. Bahkan, siangnya sudah berada di Sanggau,” beber Yasin.

Kedatangan tim Kemenhub, setelah Dinas Perhubungan Sekadau memberikan laporan terkait kerusakan jalan hingga persoalan lain di dermaga penyeberangan tersebut. Tim nantinya tidak hanya akan memantau, tapi juga mencari solusi mengatasi persoalan yang ada di lokasi itu.

Menurut Yasin, salah satu yang sudah dalam ancang-ancang tim tersebut, melakukan perbaikan sementara akses jalan yang rusak. Tim bahkan disebut sudah menyusun langkah perbaikan sementara dengan melakukan penimbunan jalan. “Rencananya akan ditimbun dengan batu cadas. Mungkin sekitar 10 dump lah batu yang akan ditimbun ke lokasi jalan yang rusak itu,” imbuh Yasin.

Dalam proses penimbunan tersebut, tim Kemenhub rencananya akan bekerjasama dengan PT Parna Agro Mas untuk proses mobilisasi material timbunan. “Ini merupakan respon dari Kemenhub terkait kerusakan jalan itu,” pungkas Yasin.

Seperti diberitakan Rakyat Kalbar, belum lama ini, akses jalan masuk Dermaga Sungai Asam-Sunyat, persisinya di bagian Sungai Asam, Kecamatan Belitang Hilir rusak parah. Akibatnya, kendaraan yang hendak keluar masuk ferry penyeberangan kesulitan melintas.

 

Reporter: Abdu Syukri

Editor: Yuni Kurniyanto

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!