Keliru Mengartikan Kode Tabung Gas

105
HOAX

eQuator.co.id – JAWA POS menerima pertanyaan dari pembaca tentang pesan yang didapat dari grup WhatsApp kemarin. Pesan tersebut berisi peringatan kewaspadaan meledaknya tabung gas elpiji yang telah kedaluwarsa. Katanya, kasus semacam itu sudah terjadi pada ledakan Pizza Hut di Bekasi.

Pesan itu disebut berasal dari seorang karyawan PT Gas Negara. Mungkin tujuannya agar orang lebih percaya karena PT Gas Negara memang sekarang menginduk ke PT Pertamina yang mengurusi gas LPG.

Bunyi sebagian pesan tersebut seperti ini: ”Jika anda membeli gas, harap diperiksa terlebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainya? Penulisan kadaluwarsa berupa ’’ALFA CODE’’. Contoh: A 18.’’

Menurut pesan tersebut, kode A merujuk bulan kedaluwarsa, Januari hingga Maret. Lalu, kode B merujuk April–Juni. Kemudian, kode C merujuk Juli–September. Dan, kode D merujuk Oktober–Desember.

’’Maka A18 adalah kadaluarsanya Januari–Maret 2018,’’ tulis pesan tersebut. Tak lupa, di akhir kalimat terselip imbauan untuk menyebarkan pesan itu. ’’Sebarkan pengetahuan ini, barangkali anda bisa menyelamatkan seseorang,’’ tulis si pembuat pesan.

Jawa Pos lantas melakukan pencarian di lini masa media sosial. Hasilnya, pesan serupa beberapa hari terakhir menyebar di Facebook. Kalau Anda mendapat pesan tersebut, jangan panik. Juga jangan nurut menyebarkannya. Lebih baik melakukan seperti apa yang dilakukan pembaca Jawa Pos di atas. Sebab, pesan itu merupakan hoax lama bersemi kembali (HLBK).

Pesan itu pernah dikonfirmasi sebagai pesan yang keliru. Pesan tersebut mendadak menyebar setelah terjadi ledakan di Pizza Hut Bekasi pada Minggu, 23 Oktober 2016. Penyebab kebakaran itu, menurut polisi, bukan tabung gas yang kedaluwarsa. Tapi, adanya tabung gas 50 kg yang terbuka saat gerai tersebut masih tutup.

Pihak Pertamina juga menjelaskan melalui sejumlah media. Bahkan, kode yang ada dalam tabung gas bukan kode kedaluwarsa. Tabung elpiji memang memiliki masa kedaluwarsa, yakni 25 tahun. Nah, setiap lima tahun, tabung-tabung elpiji akan diuji ulang. Istilahnya, retester. Kode-kode yang ada di tabung gas merupakan kode retester. Misalnya, 0316, berarti pengujian kali terakhir dilakukan Maret 2016.

FAKTA

Kode yang ada dalam tabung gas bukan kode kedaluwarsa. Kode-kode tersebut menunjukkan retester atau pengujian ulang tabung yang dilakukan tiap lima tahun. (Jawa Pos/JPG)