Kawal Penyaluran Bansos Kayong Utara

Polres dan Pemkab Sosialisasi 6 Tepat

Kapolres dan Bupati Kayong Utara saat Sosialisasi 6 Tepat

eQuator.co.id – SUKADANA-RK. Polres dan Pemkab Kayong utara selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam menjalankan kegiatan, program pemerintah, baik program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Salah satu program pemerintah pusat saat ini yang mendapat perhatian adalah program bantuan sosial (Bansos) yang menjadi perhatian dan pengawalan dari pemerintah dalam pendistribusian bansos dengan istilah 6 tepat.

Adapun yang dimaksud dengan 6 Tepat sebagai berikut. Pertama adalah tepat sasaran yang berhak untuk menerima bansos. Kedua, tepat jumlah yang diberikan tidak ada pemotongan dan cukai pajak.

Ketiga, tepat mutunya Barang yang diberikan mempunyai tepat mutunya dan terjamin. Ke empat, tepat waktunya penyalurannya bagi yang berhak dan layak untuk menerimanya. Kelima, tepat harga jual atau beli barang yang diperuntukkan. Ke enam, tepat administrasinya.

Acara tersebut diikuti seluruh Personel Binmas, staf dan para bhabinkamtibmas, para Kepala Desa, babinsa dan perangkat desa se Kabupaten Kayong Utara pada Senin (4/3) bertempat di Istana Rakyat Pendopo Bupati Kayong Utara.

Pada acara tersebut dihadiri Kapolres Kayong Utara AKBP Asep I.Rosadi, M.P.A. yang sekaligus menjadi nara sumber. Kapoles menyampaikan beberapa hal tentang kerja sama antara Mabes Polri dengan Menteri Sosial RI pada 25 Februari 2019 dengan judul Kerja sama dalam hal bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum terkait bantuan sosial (bansos).

Bansos adalah program pemerintah yang wajib didukung oleh Polri. Pada kesempatan ini, Kapolres juga menyampaikan kerja sama tersebut, ditindaklanjuti dengan pembentukan Satgas ditingkat Polda dan polres.

Satgas Setingkat Polres Satgas tingkat Polres dan Kapolres sebagai Kepala Satgas dan Waka Polres sebagai Wakil Satgas pada 31 Februari 2019. Di tingkat Kabupaten dan Polres terbentuk 4 Satuan tugas.

Satgas pertama Pendataan dan Sosialisasi dengan Kasub Satgas Kasat Binmas. Kedua, Satgas Pengamanan dan distribusi dengan Kasub Satgas Kasat Sabhara. Ketiga, Satgas Gak Kum dengan Kasub Satgas Kasat Serse.

Ke empat, Satgas Media dengan Kasub Satgas Kasub Bag Humas. Satgas tersebut bekerja sesuai fungsi tugasnya dan diharapkan dengan terbentuknya satgas bantuan sosial menjadi tepat sasaran dalam proses penyaluran dan pendistribusiannya. (lud)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!