Katalisator Polres Singkawang Berganti

284
SERTIJAB . Upacara Sertijab Wakapolres Singkawang, dari Kompol Gunawan Rihatmoyo kepada Kompol Abdul Rosid, di halaman Mapolres Singkawang, Selasa (17/11). Mordiadi-RK

eQuator – Setelah Kasat Reskrim dan Kabag Ops, kini Wakapolres–yang diibaratkan  sebagai Katalisator–Singkawang yang berganti, dari Kompol Gunawan Rihatmoyo SIK yang dimutasi menjadi Kabag Analis Dit Intelkam Polda Kalbar, kepada Kompol Abdul Rosid dari Polda.

“Mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa terjadi, sebagai bentuk dinamika organisasi yang senantiasa berubah seiring perkembangan lingkungan. Selain untuk pengembangan karir personel Polri, juga penyegaran organisasi,” kata AKBP Agus Triatmaja SH SIK, Kapolres Singkawang ketika menjadi Inspektur Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Wakapolres di halaman Mapolres Singkawang, Selasa (17/11).

Jabatan yang diterima, kata Agus, merupakan suatu tanggungjawab yang diberikan negara dan masyarakat. “Olehkarenanya, siapapun yang menerima amanah tersebut harus memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan,” jelasnya.

Menurutnya, jabatan yang baru saja diserahterimakan ini merupakan jabatan strategis yang memiliki fungsi dan peran yang saangat menentukan dalam keberhasilan dalam melaksanakan tugas di tingkat Polres Singkawang. “Saya mengibaratkan fungsi dan peran Wakapolres itu sebagai katalisator dalam suatu reaksi kimia,” katanya.

Agus menjelaskan, fungsi katalisator tersebut untuk mempercepat proses reaksi kimia, namun tidak ikut dalam suatu reaksi kimia. “Artinya seorang Wakapolres harus mampu mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan atau program yang telah ditentukan organisasi tanpa mengubah hasil yang diharapkan,” terangnya.

Wakapolres, tambah Agus, merupakan unsur pimpinan yang mengemban fungsi pembinaan internal organisasi Polres, membantu Kapolres mengawasi, mengendalikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas seluruh satuan organiasi Polres.

“Wakapolres hendaknya mampu menciptakan situasi organisasi yang harmonis, memberdayakan semua personel ke arah pencapaian tujuan organisasi yang tertuang dalam visi dan misi organisasi,” kata Agus.

Olehkarenanya, Agus memberikan beberapa penekanan terhadap Wakapolres Singkawang yang baru, Kompol Abdul Rosid. Pertama, segera menyesuaikan dengan lingkungan tempat tugas yang baru.

Kedua, kenali lingkungan kerja, baik kelebihan atau potensi maupun kekurangannya yang mencakup aspek personel, sistem, sarana prasana, serta anggaran. “Sehingga dapat dikelola dengan tepat untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan,” jelas Agus.

Serta Ketiga, tambah Agus, Wakapolres yang baru diminta untuk meningkatkan koordinasi internal dalam mencapai tujuan organisasi melalui langkah-langkah yang dapat memotivasi kinerja organisasi.

Sementara kepada Wakapolres Singkawang yang lama, Kompol Gunawan Rihatmoyo SIK yang menjadi Kabag Analis Dit Intelkam Polda Kalbar, atas nama Kapolres dan Keluarga Besar Polres Singkawang, Agus menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas selama ini.

Laporan: Mordiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here