Kapolri Harus Lakukan Ini Supaya Pilkada Serentak Aman

88
Neta S Pane

eQuator – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti diminta mengevaluasi jajarannya di level Polres dan Polda jelang Pilkada serentak. Pasalnya, pilkada serentak memang dianggap rawan konflik.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane menilai, kerawanan sudah terlihat dari kemunculan kerusuhan di Tolikara dan kasus Singkil. Saat itu kerusuhan tak terdeteksi pihak berwajib.

“Kerusuhan di dua daerah itu menjadi contoh kecil dari kemungkinan kerusuhan besar antarpara pendukung pasangan calon kepala daerah ataupun ketidakpuasan para pendukung peserta pilkada dengan KPU yang bisa saja tak terpantau oleh para intelijen,”  ucap Neta kepada INDOPOS, Jumat (6/11).

Neta menambahkan, kerusuhan itu tak sepenuhnya menjadi kesalahan masyarakat.

Kesalahan fatal justru ada di pimpinan kepolisian setempat yang cenderung tidak peka, kurang peduli dan dinilai membiarkan potensi konflik.

“Polri perlu mengevaluasi para Kasatwilnya, terutama menjelang pelaksanaan pilkada. Jangan sampai, akibat ketidakmampuan para Kasatwil dalam memanage dan mengendalikan situasi kamtibmas di wilayah tugasnya, elite Polri lalu bersikap menyalahkan masyarakat,” tegas Neta. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here