Kapolres Permadi Jadi “Tukang Jagal”

KURBAN. Penyembelihan sapi kurban, di Belakang Masjid an-Nur Polres Bengkayang, Jumat (1/9) pagi. Kurnadi-RK

Bengkayang-RK. Umumnya, setiap proses penyembelihan hewan pada Hari Raya Iduladha, para pejabat hanya mengambil ‘jatah’ membuka acara secara simbolis. Tetapi, lain halnya dengan Kapolres Bengkayang, AKBP Permadi Syahids Putra yang memilih jadi “tukang jagal” sapi.

Dengan pisau panjang yang tajam dan dibantu beberapa anggotanya, Permadi menyembelih seekor sapi kurban di belakang Mapolres Bengkayang, usai Salat Iduladha 1438 Hijriyah, Jumat (1/9).

Sapi yang disembelih langsung Permadi tersebut merupakan satu dari enam ekor sapi kurban yang diterima Masjid an-Nur Polres Bengkayang pada Hari Raya Kurban tahun ini yang bertepatan dengan 1 September 2017 Masehi.

Satu ekor sapi kurban merupakan sumbangan Kapolres Permadi bersama Wakapolres, Kabag dan Kasat. Kemudian 3 ekor milik jemaah Masjid an-Nur, dan satu ekor dari Bupati Bengkayang Suryadman Gidot.

“Usai dipotong, daging sapi kurban itu dibagi-bagikan kepada masyarakat setempat yang berhak menerimanya, sebelumnya mereka memang sudah diberi kupon,” kata Permadi.

Dia mengungkapkan, penyembilhan hewan kurban di lingkungan Mapolres Bengkayang memang rutin dilakukan setiap Iduladha.  “Pelaksanaanya tentu setelah pengamanan Salat Iduladha,”ujar Permadi.

Ditambahkan Kabag Ops Polres Bengkayang, Kompol Paino SPd,pengamanan Salat Iduladha di Kabupaten Bengkayang dilakukan di tiga titik, yakni Lapangan Lapangan Kompi 641 Rider, Masjid Jami’ dan Masjid Babussalam.
“Pengamanan kali ini melibatkan personel Sabhara, Lalu Lintas, Binmas dan Polsek Bengkayang yang di bantu TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bengkayang,” kata Paino.

Dia mengatakan, kendati Hari Raya Iduladha di Kabupaten Bengkayhang tidak semeriah di tempat-tempat lain, pengamanan tetap dilakukan. “Kami sebagai petugas kepolisian wajib untuk hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucap Paino.
Pengamanan yang dilakukan Polres Bengkayang ini, tambah dia, untuk memperlancar arus lalu lintas, agar umat Islam yang melaksanakan Salat Iduladha tetap tenang dan khusyuk.

Secara keseluruhaan, pelaksanaan Salat Iduladha 1438 Hijriyah di Kabupaten Bengkayang berjalan dengan aman dan kondusif. Tentunya berkat kerjasama aparat keamanan dan masyarakat.

 

Laporan: Kurnadi

Editor: Mordiadi

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!