Kabareskrim Baru Diumumkan Senin

Kapolda Arief Naik Bintang Dua

Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – Jakarta-RK. Teka-teki siapa Kabareskrim pengganti Komjen Anang Iskandar segera terjawab. Polri memastikan siapa yang akan menjabat posisi prestisius di Korps Bhayangkara itu akan diumumkan, Senin (30/5) lusa.

Informasi yang didapat Rakyat Kalbar, bersamaan dengan penetapan Kabareskrim, Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulystianto juga bergeser. Namun Arief naik pangkat menjadi Irjen (Bintang Dua). Dia menggantikan posisi Irjen Bambang Waskito yang menjabat Widya Iswara Utama. Sedangkan Kapolda Kalbar dijabat Brigjen Pol Musyafak yang sebelumnya Kapolda Jambi.

Khusus jabatan Kabareskrim, masih ada dua nama yang terus menguat, yakni Wakabareskrim Irjen Ari Dono Sukmanto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto.

Ari Dono merupakan perwira tinggi Polri yang sangat berpengalaman di bidang reserse. Dia tercatat pernah menjadi Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim, Dirreskrim Polda Jawa Barat dan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Dengan pernah menjadi Dirtipidum Bareskrim dan saat ini menjabat sebagai Wakabareskrim, tentunya Ari Dono memiliki keunggulan tersendiri. Dia terbilang dekat dengan jajaran Bareskrim dan mengetahui dengan pasti kondisi lembaga reserse tersebut.

Sementara Moechgiyarto yang saat ini menjabat Kapolda Metro Jaya juga memiliki kans untuk menduduki posisi nomor satu di Bareskrim. Dia terbilang memiliki prestasi yang cukup menterang. Salah satunya, penghargaan Adhi Makayasa yang merupakan penghargaan untuk lulusan terbaik TNI dan Polri.

Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan bahwa nama-nama calon Kabareskrim memang sudah ada, namun belum bisa hari ini diketahui siapa yang dipastikan menjadi Kabareskrim. ”dalam waktu dekatlah, sabar dulu semuanya,” paparnya.

Yang pasti, ada lima calon Kabareskrim. Nantinya akan dilihat kompetensi reserse dari kelima calon tersebut. Dia mengatakan bahwa posisinya saat ini menunggu telegram rahasia (TR) penentuan Kabareskrim. “TR sampai sekarang belum ya,” jelasnya.

Namun, kemungkinan besar dalam sehari hingga dua hari kedepan, siapa Kabareskrim akan sudah bisa diketahui. Dia menuturkan, ada dua kemungkinan TR akan terbit week end atau Senin mendatang. ”Nanti, pasti saya umumkan semuanya,” paparnya ditemui di komplek Mabes Polri kemarin.

Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri dipastikan memilih sosok terbaik untuk menempati posisi Kabareskrim. Ada berbagai pertimbangan dalam memilih, selain soal kemampuan reserse, tentunya prestasi dari setiap calon juga diperhitungkan. “Tapi, kalau untuk jenderal bintang tiga dan dua, tentu kapasitasnya tidak perlu dipertanyakan,” papar mantan Kapolda Banten tersebut.

Internal Polri menyebutkan, pemilihan Kabareskrim ini sangat penting mengingat berdekatan juga dengan pergantian Kapolri. Dengan adanya sosok baru Kabareskrim, maka peta persaingan mencapai posisi Kapolri dalam beberapa bulan kedepan bisa berubah. “Tapi, tentunya Polri membutuhkan pemimpin terbaik,” ujarnya. (Jawa Pos/JPG)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!