Kabar Miring soal Perceraian Tsamara

26
HOAX

eQuator.co.id – POLITIKUS Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany sedang menjadi sasaran hoax. Kabar palsu itu terkait dengan pengalamannya yang pernah gagal dalam membangun rumah tangga.

’’Dua Tahun Menikah, Suami Ceraikan Tsamara Hanya gara-gara Pantatnya Hitam’’. Begitu tulisan dalam sebuah gambar yang seolah-olah merupakan screenshot sebuah berita yang diterbitkan suratkabar.id.

Gambar tersebut diunggah akun Facebook Amat Jeck, Selasa (1/5). ’’Urusan laporin si pantat hitam paling cepat,’’ tulis akun Amat Jeck ketika membagikan gambar screenshot berita tersebut.

Dari penelusuran Jawa Pos, yang diunggah Amat Jeck pernah menyebar pada akhir 2017. Namun, screenshot itu telah diedit. Judul berita aslinya di suratkabar.id adalah Setahun Menikah, Suami Ceraikan Istri Hanya gara-gara Pantatnya Hitam. Tidak ada nama Tsamara Amany di berita tersebut. Pasutri yang dikabarkan bercerai dalam berita itu disebut bernama Rini, 26, dan Suwardjo, 31.

Beberapa media yang pernah memuat kisah Rini dan Suwardjo tersebut menuliskan sumbernya dari JPNN (Jawa Pos Group). Di JPNN, berita itu berasal dari Radar Surabaya (Jawa Pos Group). Judul kisahnya, Setahun Berumah Tangga, Istri Hanya Sekali Disentuh. Di berita tersebut tidak ada nama Tsamani. Berita itu berasal dari kasus yang disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya. (Jawa Pos/JPG)