Jokowi-Ma’ruf Kantongi Dukungan Pekerja Migran

Jokowi dan Maruf Amin

eQuator.co.id – JAKARTA-RK. Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin kembali memperbanyak pundi-pundi dukungan. Kali ini potensi suara itu datang dari kelompok Jokowi Pro Pekerja Migran Indonesia (Jopromig). Perlindungan buruh migran pun menjadi janji yang ditawarkan.

Deklarasi dukungan Jopromig dilaksanakan di gedung Bellavista, Jalan Raya Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, kemarin. Ma’ruf Amin hadir untuk menerima dukungan itu dengan disaksikan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Ketua Umum Jopromig Joeslin Nasution menerangkan, dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf  merupakan wujud aspirasi pekerja migran dari seluruh Indonesia. Sebab, selama empat tahun terakhir Jokowi sudah terbukti memberikan perhatian besar kepada para pekerja migran. ”Pak Jokowi sudah menunjukkan keberpihakannya kepada tenaga kerja Indonesia,” ucap Joeslin.

Dalam deklarasi itu, para pekerja yang berjumlah sekitar seribu orang tersebut mengucapkan ikrar dukungan bersama-sama. Ikrar deklarasi itu berisi empat poin. Antara lain, menjaga kerukunan dan persatuan bangsa, menjaga pesta demokrasi 2019, dan mendukung Jokowi-Ma’ruf. Satu lagi, menyeru pekerja migran Indonesia di seluruh dunia, para keluarga, dan purnamigran untuk menyatukan barisan pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

Sementara itu, Ma’ruf mengatakan, pemerintahan Presiden Jokowi sudah memperbaiki tata kelola penempatan dan perlindungan tenaga kerja migran. ”Sehingga semua prosesnya aman, murah, cepat, dan berkualitas,” ucapnya.

Perbaikan itu berupa pembuatan UU 18/2017 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Migran Indonesia. Ada juga pelayanan terpadu satu atap di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Pelatihan untuk membekali TKI juga dilaksanakan. Ada pula program desa migran produktif untuk melindungi pekerja dan keluarga. (Jawa Pos/JPG)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!