Jarot: Di Tangan Pemudalah Indonesia Bisa Maju

SUMPAH PEMUDA. Suasana peringatan Sumpah Pemuda yang ke 91 di Pendopo Bupati Sintang, Senin (28/10) pagi. Humas Pemkab for RK

eQuator.co.id – SINTANG-RK. Hujan cukup deras mengguyur kota Sintang, Senin (28/10) pagi. Namun, semangat menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 tidak padam. Upacara pun dilakukan di Pendopo Bupati Sintang.

Dipimpin Bupati Jarot Winarno, upacara berlangsung khidmat. Dalam sambutan Menpora yang dibacakannya, dihaturkan penghargaan atas jasa para tokoh pemuda pada 1928. Yang telah  mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

“Hari sumpah pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda  yang telah diikrarkan pada  tahu 1928, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar Jarot.

Menurutnya, tema ini diperuntukkan kepada seluruh elemen bangsa, khusus bagi pemuda. Tema ini menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

“Mesti mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Nah, tugas pemuda saat ini adalah harus  sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia. Demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat, bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kanca dunia,” pungkas Jarot. (pul)