Jangan Lagi BAB di Sungai

TNI dan Masyarakat Desa Gua Bersatu Bangun Jamban

8
PEMBUATAN JAMBAN. TNI dan masyarakat Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang bergotong royong membuat jamban, Rabu (19/12)--Kurnadi

eQuator.co.id – Bengkayang-RK. Untuk kesekian kalinya kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan masyarakat dibuktikan dengan keberhasilan pembuatan jamban.

Hal itu ditegaskan oleh Kopral Satu (Koptu) Antok Nugroho yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, kepada Rakyat Kalbar Rabu (19/12).

“Kegiatan Karya Bhakti TNI dan masyarakat Desa Gua membangun jamban ini dapat dijadikan media dalam berkomunikasi demi mewujudkan kebersamaan antara TNI dan rakyat dalam menjalin hubungan yang lebih positif,” ujar Nugroho.

Ia mengajak masyarakat mampu untuk membantu masyarkat yang kurang mampu menciptakan lingkungan bersih dan ramah. Agar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar (BAB) di sembarang tempat. Seperti yang dilakukan di sungai maupun di hutan.

“Dengan adanya jamban, maka dapat terhindar dari dampak diare. Sehingga hal itu membuat masyarakat sehat,” ujarnya.

Yang terpenting, sambung dia, pembangunan jamban yang sudah dibuat tetap dirawat dan dijaga kebersihannya.

Sementara itu seorang warga Desa Gua, Andi mengaku bersyukur sebab TNI yang bekerjasama dengan warga membuat jamban untuk kebutuhan masyarakat.

“Selama ini kebiasaan warga desa kami saat buang air besar di sungai, belakang rumah atau di hutan. Dengan adanya beberapa jamban yang dibuat oleh TNI, warga tidak lagi BAB di sembarang tempat,” pungkasnya. (kur)