Ingat! Perawat itu Bukan Asisten Dokter

PENGHARGAAN. Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan piagam penghargaan dan kenang-kenangan kepada lulusan terbaik Akper Pemprov Kalbar Angkatan XIII Tahun Akademik 2015/2016 di Hotel My Home Sintang, Kamis (20/10). Achmad Munandar-RK

eQuator.co.id – Sintang-RK. Lulusan Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar yang diwisuda tahun ini, diharapkan dapat menerapkan (mengaplikasikan) semua ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah.

“Ingat, profesi keperawatan itu bukan asisten dokter. Jadi bekerjalah mandiri dan profesional,” dr Andy Jap, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar saat Sidang Terbuka Senat dan Pengambilan Sumpah Akper Pemprov Kalbar Angkatan XIII Tahun Akademik 2015/2016 di Hotel My Home Sintang, Kamis (20/10).

Andy juga mengingatkan agar alumnus Akper Kalbar di Sintang tersebut benar-benar menjalankan tugasnya, yakni memperbaiki kualitas manusia di Indonesia. “Peran kita ini sangat pentingan,” katanya.

Sementara itu, wisudawan terbaik Akper Pemprov Kalbar Angkatan XIII Tahun Akademik 2015/2016 diraih Nur Iswati dengan nilai akhir 3,50. Disusul Sartika dan Clara Siska dengan nilai akhir 3,49 dan 3,44.

Bupati Sintang, dr Jarot Winarno MMEdPh menyampaikan selamat kepada 107 wisudawan Akper. “Ada beberapa tantangan untuk kita semua, terutama dalam upaya meningkatkan masyarakat yang berkualitas dan derajat kesehatan,” katanya

Tangan tersebut, beber Jarot, di antaranya mengenai masalah kesehatan yang tidak dapat terlepas dari kebijakan berbagai sektor lain, distribusi sarana dan prasarana kesehatan yang belum dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, upaya kesehatan yang masih kurang mengutamakan pendekatan pemeliharan dan peningkatan kesehatan kurang didukung sumber pembiayaan yang memadai

“Kehadiran para wisudawan di tengah-tengah masyarakat merupakan potensi yang sangat berharga dalam mendukung terwujudnya pembangunan daerah di Kabupatem Sintang pada masa-masa yang akan datang,” kata Jarot.

Dia memastikan, Akper akan terus ada di Kabupaten Sintang. Lantaran mendapat dukungan sepenuhnya, baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun masyarakat Sintang.

Di tempat yang sama, Direktur Akper Pemprov Kalbar di Sintang, Suni SE MSi menyampaikan, kelulusan ini merupakan proses awal dalam menghadapi dunia kerja. “Jaga nama baik almamater dan Akper Provinsi Kalbar,” pesannya.

Laporan: Achmad Munandar

Editor: Mordiadi

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!