Hujan, Singkawang Siaga Satu

1158
Hujan deras beberapa waktu lalu menyebabkan banjir di ruas Jalan Sudirman Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah. Mordiadi/RK

Banjir di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah-dokumen (3)eQUator – Singkawang-RK. Semakin tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini, sangat berpotensi menimbulkan banjir besar di Kota Singkawang. Sehingga Taruna Siaga Bencana (Tagana) menetapan status Siaga Satu.

“Kita Siaga Satu untuk saat ini. Personel sudah diturunkan untuk memantau sejumlah kawasan yang rawan banjir,” kata Zulfian Agus, Koordinator Wilayah (Korwil) Tagana Singkawang kepada wartawan, Jumat (27/1).

Zulfian mengungkapkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga sudah memperkirakan intensitas hujan akan semakin tinggi. “Kita prediksikan Singkawang akan mengalami banjir besar,” ujarnya.

Cuaca ekstrem seperti sekarang ini, ungkap Zulfian, bukan hanya terjadi di Kota Singkawang, tetapi juga di Indonesia. Bahkan hampir di seluruh dunia. “Lihat saja di Amerika Serikat juga terjadi banjir besar,” katanya.

Olehkarenanya, Zulfian mengharapkan seluruh warga Kota Singkawang waspada jika hujan deras melanda. Terutama bagi yang tinggal di kawasan yang langganan banjir.

Dia juga mengharapkan warga untuk rutin menggelar kegiatan bersih-bersih saluran aliran di lingkungan masing-masing. “Walaupun hal itu belum pasti mencegah banjir, namun bersih-bersih itu sangat penting dilakukan,” kata Zulfian.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin mengaku sudah mempersiapkan segela kebutuhan yang diperlukan jika banjir tiba. “Kita juga sudah menyurati Lurah dan Camat untuk mengantisipasi banjir,” ujarnya.

BPBD juga mendorong masyarakat untuk peduli dan membentuk Relawan Peduli Banjir serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyiapkan logistik, perlatan dan makanan. “Kita juga monitoring daerah-daerah rawan banjir,” kata Burhanuddin.

 

 

Laporan: Mordiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here