Heboh Video Kehidupan Mewah Anak Kapolri di Singapura

Cek Fakta

eQuator.co.id – AKUN facebook (FB) bernama Maylanie Cinta dan Srikandi Indonesia membagikan sebuah postingan berupa narasi dan video yang menyebutkan seorang perempuan yang diduga sebagai anak dari Kapolri, Jendral Tito Karnavian.

Pada video yang diposting Srikandi Indonesia, perempuan itu terlihat turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal serta koleksi busana yang mewah. Dalam video itu terdapat keterangan bahwa perempuan tersebut adalah putri Kapolri Tito Karnavian. Srikandi juga menambahkan narasi sebagai berikut: “SEKILAS PENAMPIL GAYA HIDUP MEWAH YANG (SEPERTINYA ) ANAK SANG KAPOLRI”.

Akun Maylanie Cinta kemudian menyandingkan video tersebut dengan foto Tito Karnavian dan tangkapan layar berita yang berjudul: “Khawatir Jadi Sasaran Teroris, Tiga Anak Tito Tinggal di Singapura”.

Maylanie juga menuliskan status tentang gaya hidup mewah perempuan yang disebutnya sebagai anak Kapolri. “Gaya hidup mewah ketiga anaknya hidup disingapore dngn gaji jd polri apa cukup,” tulisnya.

Setelah ditelusuri, perempuan seksi yang ada di video tersebut merupakan model cantik bernama Lisa Caroline. Model cantik dengan nama asli Malisa Sugiarto itu memilih berlibur ke Eropa.

Lisa naik jet pribadi, menyewa mobil Rolls-Royce, serta menginap di hotel elite seperti Ritz Paris, Danieli Venice, dan Palazzo Parigi Milan. Tarif per malam hotel-hotel itu mencapai Rp 200 juta.

Beberapa hari setelah video itu viral, Lisa menegaskan lewat akun Instagram bahwa dirinya bukan anak Tito Karnavian. “Berita2 yg menyebar luas semakin gila ga benar adanya! Sekali lagi sy klarifikasi, sy bukan anak dr Kapolri Tito Karnavian!” tulisnya di Insta Story pada 12 Mei 2019.

Beberapa media mainstream pun juga telah memberitakan sejumlah klarifikasi dari Lisa. Salah satunya menjelaskan bahwa liburan Lisa di Paris, Venice, dan Milan dilakukan pada Agustus 2018. “Saya tidak ingin isu ini terus berkembang. Sekali lagi, saya bukan anak jenderal. Saya hanya mantan pacar anak jenderal. Itu aja,” ujar Lisa, dalam sebuah pemberitaan.

Seperti diketahui, Tito Karnavian memiliki tiga anak dari pernikahannya dengan Tri Suswati. Ketiganya bernama Muhammad Garda Ramadhito, Laviyah Augusta, dan Muhammad Taufan.

“Jadi kesimpulannya, bahwa postingan video yang menyebutkan bahwa anak Kapolri hidup mewah adalah hoaks. Perempuan dalam video itu adalah model bernama Lisa Caroline yang sedang berlibur ke Eropa pada 2018. Ia juga mengaku bukanlah anak Jendral melainkan hanya mantan pacar ana Jendral,” jelas Syarief Ramaputra, seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Minggu (19/5).

Fakta lainnya, sejak 2011 Tito memboyong keluarganya tiggal di Singapura karena kerap mendapatkan ancaman dan teror lantaran profesi Tito yang saat itu merupakan salah satu Deputi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). “Konten yang dibagikan kedua akun itu, adalah konten yang salah. Dimana, dalam video dan tangkapan layar itu dipadupadankan dengan narasi sah demi membangun premis bahwa kehidupan anak Kapolri mewah,” pungkas Syarief. (oxa)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!