Hadiri Kongres JKPI di Solo, Irwan Kenalkan Produk Khas Singkawang

KONGRES. Wakil Walikota Singkawang, Irwan bersama istri berfoto bersama di stan Kota Singkawang dalam peringatan HUT 1 Dasawarsa JKPI di Solo, Kamis (25/10)--Kominfo for RK

eQuator.co.id – SINGKAWANG-RK. Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menghadiri Kongres JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia) 2018 di Kota Solo, sejak 24 dan 26 Oktober.

Pertemuan dalam rangka peringatan HUT 1 Dasawarsa ini, turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang.

“Kongres JKPI merupakan komitmen kita dalam mendorong wisata dan budaya yang ada di Kota Singkawang. Apalagi pada pertemuan JKPI ini, kita secara bersama membangun komitmen untuk mendesain managing heritage city,” ujar Irwan, Kamis (25/10).

Irwan mengungkapkan, Kota Singkawang saat ini aktif menjadi anggota JKPI. Pada tahun ini Kota Singkawang akan mengikuti pameran budaya dengan menampilkan stan dan juga mengikuti karnaval budaya serta Kongres JKPI.

“Kita tampilkan produk unggulan keramik dan makanan khas Singkawang di stan serta menampilkan pakaian daerah pada karnaval budaya,” katanya.

Selain itu, Kota Singkawang juga mengikuti Kongres JKPI yang merupakan puncak acara. Dimana, kata Irwan, pada kongres tersebut akan memilih Ketua JKPI untuk masa bakti tahun 2018-2020 dan juga menentukan tuan rumah pelaksanaan Kongres JKPI tahun 2019. “Kongres JKPI adalah puncak dari seluruh rangkaian kegiatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pembukaan rangkaian kegiatan Kongres ke-4 JKPI ini dilaksanakan bersamaan dengan pameran Expo Budaya dan Gelar Budaya di Benteng Vastenburg. Dalam gelar budaya tersebut, masyarakat bisa menyaksikan kekayaan budaya dari anggota JKPI peserta kongres.

Selain gelar budaya juga ditampilkan karnaval budaya dari kota-kota dan kabupaten peserta kongres. Kongres JKPI sendiri dilaksanakan di rumah peninggalan bangsawan Keraton Surakarta, yang disebut Dalem Djojokusuman.

Selain peserta dapat menyaksikan upaya Pemkot Solo dalam melestarikan benda-benda cagar budaya, termasuk di museum yang dikunjungi, peserta juga dapat mendapatkan pengetahun melalui simposium tentang pengelolaan pusaka cagar budaya. (hen/rls)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!