Gowes ke Bukit Kelam, Pangdam: Lokasi Ini Perlu Disulap

Gowes. Pangdam XII/tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersepeda menuju Bukit Kelam, Jumat (1/11/2019). Saiful Fuat/eQuator.co.id

SINTANG – eQuator.co.id. Disela kunjungan kerjanya di Kabupaten Sintang, Pangdam XII Tanjugpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menggelar olahraga bersepeda (Gowes) bersama anggotanya dan komunitas sepeda, Jumat (1/11/2019). Start pukul 05.30 Wib, Pangdam beserta rombongan yang berjumlah ratusan orang menelusuri jalanan di Kabupaten Sintang hingga sampai ke Bukit Kelam yang berjarak tempun lebih dari 20 km.

“Sangat menarik, medannya cukup berat dan menantang. Kita ngos-ngosan juga tadi,” canda Pangdam disambut gelak tawa yang hadir di situ.

Tapi dengan olahraga ini, lanjut Pangdam, bagus untuk prajurit menjaga kebugaran fisik. “Tidak ada salahnya olahraga sambil melihat pemandangan yang indah ini,” terangnya.

Pangdam juga terkesima dengan Bukit Kelam yang memiliki nilai sangat tinggi. Hanya saja ke depan perlu ditata lagi agar lebih baik.

“Saya kira Bukit Kelam merupakan objek yang potensial. Namum demikian, kondisinya saat saya sampai di sana seperti itu. Ini perlu disulap,” ujarnya.

Bisa saja, kata Pangdam, TNI AD membantu kerja bakti di Bukit Kelam ini agar lebih bagus lagi dari yang sudah ada sekarang.

“Bisa kita kerja bakti dengan Pak Damdim, agar disulap jadi bagus. Karena banyak potensi kita yang kurang sentuhan di sini,” katanya.

Mungkin juga, jelas Pangdam bisa memanggil investor untuk menyulapnya agar lebih baik lagi.

“Saya yakin, nanti akan menjadi objek wisata yang menarik. Mungkin orang sintang juga akan terkaget-kaget, kalau sudah disulap,” terangnya.

Pangdam juga mengatakan, biasa kalau ada bukit-bukit yang indah dan menarik akan ada cerita-cerita atau sejarah legendanya. Itu juga bisa diangkat, agar Bukit Kelam bisa lebih dikenal.

“Biasa ada nilai-nilai sejarah dan legendanya. Ini mungkin juga bisa dikedepankan, bagaimana dapat diteliti oleh orang-orang dibidangnya. Saya kira itu bisa mengangkat nama besar Kota Sintang,” pungkasnya. (pul)