Foto Tol Balikpapan–Samarinda, Bukan Gedebage–Cilacap

73

eQuator.co.idINFORMASI yang kurang akurat di media mainstream kerap dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menyerang pihak-pihak tertentu. Misalnya, kesalahan penggunaan foto tol Balikpapan–Samarinda berikut ini.

Kesalahan penggunaan foto tersebut terjadi di portal berita detik.com. Mereka menggunakan foto tol Balikpapan–Samarinda dalam berita tentang rencana pembangunan tol Gedebage–Cilacap. Kesalahan itu menjadi ramai ketika netizen menemukan foto yang sama diunggah Kompas.com dalam berita berjudul 2019, Lewat Tol Ini Waktu Tempuh Balikpapan–Samarinda Hanya 1 Jam.

Twitter Patria Dyaksa #JanganDiam (@renandabachtar) mempermasalahkan hal tersebut. ”Saya usulkan TV waras bikin acara TV Quiz ”Hoax Or True?” Jd rakyat Indonesia bisa pintar dan mukidi lovers bisa sadar dari siuman & sihir junjungannya. Pembodohan kpd jutaan rakyat Indonesia yg terpapar info hoax spt ini hrs dihentikan agar rakyat tahu mana benar mana salah,” tulis akun Patria Dyaksa #JanganDiam.

Jawa Pos menghubungi Jasa Marga untuk memastikan kebenaran dari foto tersebut. Faktanya, foto itu adalah pembangunan tol Balikpapan–Samarinda. Bukan tol Gedebage–Cilacap. Foto tersebut diambil PT Jasa Marga Balikpapan–Samarinda pada 4 September 2018 melalui drone. Lokasi persisnya ada di STA 54+025 – STA 54+200 proyek pembangunan jalan tol Balikpapan–Samarinda. (Jawa Pos/JPG)