Flaypass dan Terjun Payung Sajian untuk Warga

Supadio Open Base Hari Jadi ke-73 TNI AU

TERJUN PAYUNG Anggota Paskhas berhasil mendarat sempurna di Main Apron Lanud Supadio, Minggu (28/4) sekira pukul 09.30 WIB. Aksi terjun payung tersebut merupakan rangkaian acara memeriahkan Supadio Open Base yang digelar Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio. Andi Ridwansyah/Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Atraksi terbang bebas yang dilakukan tiga pesawat tempur Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa membentuk formasi (flypass) memukau masyarakat. Apalagi ditambah aksi Terjun Payung Pulau dari beberapa penerjun di Pangkalan TNI AU Supadio Pontianak, Minggu (28/4) sekira pukul 06.00 WIB.

Aksi tersebut ditampilkan dalam kegiatan Supadio Open Base memperingati Hari Jadi ke-73 TNI Angkatan Udara (AU) Tahun 2019 tampak  meriah. Masyarakat pun antusias mengikuti acara yang digelar di Pangkalan Lanud Supadio. “Kegiatan Supadio Open Base merupakan rangkaian puncak Bulan Dirgantara, dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI AU ke-73,” kata Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus saat diwawancarai wartawan, Minggu pagi (28/4).

Tujuannya, mengenalkan Lanud Supadio kepada masyarakat. Sehingga masyatakat dapat mengetahui bagaimana tugas Lanud Supadio melaksanakan tugas dalam pengamanan wilayah nusantara. “Kita mengajak masyarakat untuk sama-sama mencintai dirgantara. Sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dia berujar, kegiatan Supadio Open Base dikemas dalam beberapa kegiatan yang menarik. Mulai dari olahraga, panggung hiburan, kuliner, dan beberapa atraksi udara yang ditampilkan oleh seluruh warga Lanud Supadio.

FOTO BERSAMA
Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus foto bersama komunitas motor dalam kegiatan Supadio Open Base, Minggu pagi (28/4).
Andi Ridwansyah/Rakyat Kalbar

Salah satu kegiatan olahraga adalah Colur Run, memandupadankan olahraga dengan hiburan. Kegiatan ini diikuti para pelari profesional dan masyarakat. “Colur Run untuk menunjukkan kepada masyakat, suatu kegembiraan yang dikemas dalam olahraga lari. Tapi lari ini untuk memberikan hiburan pada kita semua, sambil mereka kita ajak mengelilingi Lanud,” terangnya.

Selain kegiatan tersebut, ada juga beberapa kegiatan lain, diantaranya  lomba kicau burung, lomba mewarnai anak-anak, lomba ketangkasan baris berbaris, dan banyak lagi kegiatan lain.

Tak hanya itu, masyarakat juga dihibur dengan penampilan DJ Panda, Sexi Dancer dan Skadron I Band yang turut memeriahkan suasana. Selama kegiatan itu, lanjut Danlanud, masyarakat diberikan kesempatan melihat static show, berupa peralatan-peralatan militer dari Paskhas.

Susana kegiatan makin meriah, kala prajurit TNI AU menunjukkan kebolehannya melakukan demo udara, flaypass dengan  pesawat tempur kebanggaan Indonesia. Selain itu, ada pula beberapa penerjun payung dari Paskhas menunjukan kebolehanya.

Danlanud melanjutkan, kegiatan tersebut juga diikuti beberapa peserta dari berbagai wilayah di Kalbar. “Kita bisa lihat, beberapa komunitas pelari, ada komunitas remaja pemuda, baik dari Kubu Raya maupun Pontianak. Bahkan beberapa peserta juga ada yang dari Mempawah, bahkan Singkawang,” jelasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfert Denny D Tuejeh, Dandim 1207/BS Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, dan berbagai undangan lain.

Laporan: Andi Ridwansyah
Editor: Yuni Kurniyanto

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!