Empat Rumah di Jalan Siaga Hangus

38
PEMADAMAN. Petugas tengah melakukan pemadaman api di pemukiman Jalan Siaga, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (17/9) sore—Bangun Subekti

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Empat rumah di Jalan Siaga, Gang Siaga Pertiwi, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, hangus dilahap api, Senin (17/9) sekitar pukul 14.00 Wib.

Informasi di lapangan, api bermula dari rumah milik Aliong di Gang Siaga Pertiwi yang dijadikan tempat usaha gym. Karena cuaca saat itu sedang panas dan ditambah angin yang sedikit kencang, membuat api cepat merembet ketiga rumah lainnya. Yakni satu rumah kosong, rumah milik Acau dan rumah milik Rudi.

Santo, menantu Rudi mengatakan, bahwa api telah menghanguskan bagian atas rumah mertuanya. “Saya ditelepon orang rumah, bilangnya ada kebakaran. Setibanya saya ke sini, api sudah membakar bagian atas, tapi lantai bawah nggak kena api,” ujar Santo kepada Rakyat Kalbar.

Warga lainnya, Ana, yang tinggal tepat di depan rumah Aliong mengatakan, kebakaran itu terjadi sejak pukul 14.00 Wib. Karena pada jam itu ia tengah berkirim pesan dengan seorang dokter pribadinya.

“Saya lagi bicara dengan dokter saya. Nah, pas jam itu warga teriak ada kebakaran. Saya sempat melihat keluar, benar ada api. Karena besar dan takutnya menyambar rumah, saya segera masuk ke dalam untuk mengamankan surat-surat dan anak-anak,” jelas Ana.

Begitu pula dengan Atang, anak Acau. Dirinya mengatakan bahwa ia sedang berada di luar saat kebakaran itu berlangsung. “Nggak tahu juga penyebabnya apa, soalnya saya lagi di luar,” tuturnya.

Di lokasi, tampak lebih dari sepuluh unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk menjinakkan api. Dua jam berikutnya api berhasil dipadamkan. Datang pula petugas PLN yang segera memutus arus listrik dengan memotong kabel lalu melapisinya dengan lakban agar arus listrik tidak menjalar. Apalagi di jalanan dalam gang itu digenangi air dari mesin pemadam kebakaran.

Dalam proses pemadaman ini, petugas pemadaman sempat mengalami kesulitan. Utamanya saat memadamkan api yang membakar rumah Acau dan rumah kosong tersebut. Karena kedua rumah itu dalam keadaan terkunci. Terpaksa pintu kedua rumah itu dijebol dan api pun segera dipadamkan.

Hingga saat ini, belum keterangan resmi dari pihak kepolisian. Namun sepanjang kejadian, ada seorang petugas kepolisian yang melakukan pemeriksaan dan pengumpulan data di lokasi kejadian tersebut. Warga sekitar menduga penyebab kebakaran adalah korsleting di rumah milik Aliong. (Bek)