Dituntaskan Forum Kemitraan, Desa Mantan Jadi Percontohan Penanggulangan Stunting

Selesai. Kasubbid Kesejahteraan Sosial, Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, Arie Budiwan (4 dari kiri) menerima pelakat penghargaan dari Yayasan Tzu Chi terkait realisasi program penanggulangan stunting di desa Mantan, Minggu (4/8). Bappeda For RK.

eQuator.co.id – PUTUSSIBAU-RK. Desa Mantan, Kecamatan Suhaid menjadi pilot project program penanggulangan Stunting (Kerdil) oleh Forum Kemitraan. Forum ini merupakan gabungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kapuas Hulu, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Kapuas Hulu, pihak Swasta (relawan Yayasan Budha Tzu Chi) serta kalangan masyarakat desa Mantan.

Di Desa Mantan, Forum tersebut menjalankan programnya selama satuh tahum, yakni  Juli 2018 – Juli 2019.

Kasubbid Kesejahteraan Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu, Arie Budiwan mengatatakan bahwa, program penanggulangan stunting di Desa Mantan telah selesai. Program tersebut ditutup oleh Forum Kemitraan pada hari Minggu (4/8) lalu.

“Dalam program ini banyak OPD terlibat dan Bappeda bertindak sebagai Koordintor OPD. Disamping itu banyak pula dukungan dari relawan Yayasan Tzu Chi dan masyarakat, kami sangat berterimakasih,” ujar Arie, saat ditemui Rabu (7/8).

Arie menuturkan, banyak hal yang telah dilakukan Forum Kemitraaan selama setahun di desa Mantan. Mulai dari pemberian perlatan kesehatan untuk posyandu, pemberian makanan tambahan untuk posyandu, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, penyuluhan pola asuh untuk cegah stunting dan penyuluhan pola makan seimbang.

Kemudian penyuluhan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, pembangunan fasilitas Mandi Cuci Kakus untuk warga, penyuluhan cara bercocok tanam dan pemanfaatan pekarangan, penyuluhan cara pembutan benih dan kompos serta pembagian benih tanaman hortikultura kepada warga. “Selain itu ada juga pembagian bibit tanaman pohon buah untuk warga,” ucapnya.

Termasuk juga kegiatan sosialisasi BPJS, lalu lomba pekarangan keluarga sehat, demo masak bergizi serta pemberian bantuan tempat sampah. “Program-program ini semua telah terlaksana dengan baik di desa Mantan, kita pun melihat perkembangan di lingkungan masyarakat desa tersebut,” katanya.

Arie berharap kualitas hidup masyarakat desa Mantan akan lebih baik, sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk bersama-sama mencegah permasalahan stunting. “Stunting harus dicegah sejak saat ini, sehingga generasi Kapuas Hulu kedepan bisa terhindar dari permasalahan stunting ini,” pungkas Arie. (dRe)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!