Dinkes Berikan Layanan Cek Kesehatan Gratis

Tensi Tekanan Darah. Salah seorang pengunjung tengah mengecek tekanan darah saat berkunjung ke stand Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau di Komplek Betang Youth Center, Rabu (16/12). Abdu Syukri/RK.

eQuator – Sekadau-RK. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sekadau ikut mendirikan stand dalam ajang Sekadau Expo 2015 di komplek Betang Youth Center. Di stand tersebut mereka memberikan layanan cek kesehatan gratis kepada para pengunjung.

“Pelayanan yang kita berikan adalah layanan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol,” ujar Rian Ariandi, petugas jaga stand Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Rabu (16/12).

Pengecekan kesehatan gratis itu dilakukan langsung oleh petugas yang berjaga di stand Dinkes Sekadau. Mereka standby melakukan pengecekan kepada setiap pengunjung yang datang.

Peralatan untuk pengecekan pun tersedia. Karena itu, pelanggan yang datang ke stand tersebut tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui hasilnya. “Langsung bisa dilihat hasil pengecekannya,” tutur Rian.

Tak pelak, keberadaan layanan kesehatan gratis ini mendapatkan sambutan antusias dari para pengunjung. Meski baru buka satu hari, tercatat sudah puluhan orang yang mampir ke stand tersebut.

Tak hanya menginformasikan hasil pengecekan kesehatan, petugas yang berjaga di stand juga memberikan saran dan masukan kepada pengunjung yang datang terkait hasil cek kesehatannya. Bagi yang tensinya kurang bagus, disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu, termasuk menjaga kesehatan.

Demikian juga kepada pengunjung yang nilai kolestrol dan gula darahnya tinggi. Mereka disarankan untuk menjaga pola makan dan membiasakan pola hidup sehat. (bdu)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.